Marleni, Rina (2017) Pengembangan soal untuk mengases kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama berdasar teori tes klasik / Rina Marleni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Marleni Rina. 2017. Pengembangan Soal untuk Mengases Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasar Teori Tes Klasik. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abadyo M.Si (II) Dr. Makbul Muksar M Si. Kata Kunci pengembangan soal pemecahan masalah teori tes klasik Kemampuan pemecahan masalah matematika penting dikuasai oleh siswa karena dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan membantu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat dikuasai siswa jika mereka dilatih mengerjakan soal-soal yang dapat mengases kemampuan tersebut dengan karakteristik valid reliabel tingkat kesulitan dan daya beda yang baik. Karakteristik ini merupakan ciri khas dari teori tes klasik. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan mengembangkan soal untuk mengases kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berdasar teori tes klasik. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan model pengembangan Plomp. Plomp membagi langkah-langkah pengembangan menjadi 3 fase yaitu fase penelitian awal pengembangan atau prototipe dan fase penilaian. Fase penelitian awal dilakukan dengan menganalisis masalah studi literatur dan rencana penyelesaian masalah. Pada fase pengembangan atau prototipe dilakukan perancangan soal-soal sesuai dengan langkah-langkah pengembangan soal dan pada fase penilaian prototipe yang sudah valid menurut validator diuji cobakan secara terbatas direvisi dan diuji cobakan secara luas atau lapangan. Uji coba secara terbatas dilakukan pada 9 orang siswa kelas VIID dan uji coba secara luas dilakukan pada 33 orang siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Tumpang. Hasil validasi oleh validator menunjukkan nilai 81% dengan kategori sangat valid. Hasil respons siswa terkait dengan keterbacaan soal menunjukkan nilai 88 89% dengan kategori sangat setuju. Sementara itu dari analisis butir soal pada uji coba secara luas dinyatakan bahwa soal dengan nomor 1 2 5 6 7 8 dan 10 valid dengan kriteria tinggi dan soal no 3 4 dan 9 dinyatakan valid dengan kriteria sangat tinggi. Reliabilitas soal menunjukkan nilai 0 97 dengan kriteria sangat tinggi tingkat kesukaran sedang untuk nomor soal 2 4 5 6 7 9 dan 10 tingkat kesukaran mudah untuk soal nomor 1 3 dan 8. Dari analisis daya beda butir soal diperoleh 5 soal dengan kategori baik dan 5 soal dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110781 |
Actions (login required)
View Item |