Proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah / Nining Dwi Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah / Nining Dwi Rohmawati

Rohmawati, Nining Dwi (2017) Proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah / Nining Dwi Rohmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmawati Nining Dwi. 2014. Proses Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. rer. nat I Made Sulandra M.Si. Kata kunci komunikasi matematis penyelesaian masalah Komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran matematika sehingga komunikasi matematis merupakan salah satu topik yang menarik dalam pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah yaitu masalah sistem persamaan linier dua variabel dan aritmatika sosial. Komunikasi matematis dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga aspek yaitu komunikasi simbolik komunikasi logis dan komunikasi verbal. Oleh karena itu jenis penelitian iniadalah penelitian kualitatif . Penelitian ini melibatkan 6 subjek dengan kemampuan akademis yang berbeda yaitu kemampuan tinggi sedang dan rendah. Adapun instrumen penelitian terdiri dari tes komunikasi matematis dan pedoman wawancara. Penelitian ini diawali dengan observasi awal mengenai proses pembelajaran sikap siswa di kelas dan tugas yang diberikan guru. Selanjutnya siswa diberikan tes komunikasi matematis. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dilakukan wawancara untuk meyakinkan komunikasi matematis siswa yang diduga oleh peneliti melalui jawaban yang diberikan oleh siswa. Dari hasil jawaban siswa dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Pada masalah sistem persamaan linier dua variabel proses komunikasi S1 dan S2 diawali dengan komunikasi simbolik yang dilanjutkan dengan komunikasi logis dan yang terakhir adalah komunikasi verbal. Proses komunikasi S3 S4 dan S6 langsung ke komunikasi logis yang dilanjutkan ke komunikasi verbal. Sedangkan proses komunikasi S5 langsung pada komunikasi verbal tanpa melalui komunikasi simbolik dan komunikasi logis. Pada masalah aritmatika sosial proses komunikasi S1 S2 S4 dan S6 sama yaitu diawali dengan komunikasi simbolik dilanjutkan dengan komunikasi logis dan diakhiri dengan komunikasi verbal. Sedangkan proses komunikasi S3 dan S5 diawali dengan komunikasi simbolik dan dilanjutkan dengan komunikasi logis tanpa komunikasi verbal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110780

Actions (login required)

View Item View Item