Susanto, Andi (2017) Penggunaan media kartu positif negatif pada pembelajaran kooperatif tipe Thionk-Pair-Share (TPS) untuk memahamkan siswa materi operasi bilangan bulat di kelas VII SMP / Andi Susanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susanto Andi. 2017. Penggunaan Media Kartu Positif Negatif pada Pembelajaran Kooperatife tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Memahamkan Siswa Materi Operasi Bilangan Bulat dikelas VII SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D Pembimbing (II) Drs. Abd. Qohar M.T. Kata Kunci Media kartu positif negatif pembelajaran kooperatif tipe think pair share bilangan bulat. Pemahaman tentang operasi bilangan bulat sangat penting dikuasai oleh siswa kelas VII SMP karena banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan materi prasyarat untuk melangkah pada materi yang selanjutnya. Siswa sekolah menengah pertama seharusnya sudah mampu melakukan operasi bilangan bulat karena merupakan pengulangan materi sejolah dasar namun pada kenyataannya siswa membutuhkan bantuan benda konkret (media) untuk dapat memahami materi bilangan bulat. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media kartu positif negatif dapat membantu siswa memahami operasi bilangan bulat. Pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe think pair share merupakan suatu metode pembelajaran yang memiliki tiga tahap pembelajaran yaitu think (berfikir secara individu) pair (berpasangan dengan temannya untuk berdiskusi) dan share (presentasi didepan kelas). Penggunaan media kartu positif negatif dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terutama siswa dengan kemampuan menengah dan rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media kartu positif negatif pada pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk membantu siswa memahami operasi bilangan bulat kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas VII SMP NU 11 Bondowoso. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif tentang proses pembelajaran berupa a)Validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian b)Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) c) Lembar kegiatan siswa (LKS) d) Tes hasil belajar e) Lembar observasiaktivitas guru dan f) Lembar observasi aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan media kartu positif negatif pada pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media kartu positif negatif dapat membantu siswa memahami operasi bilangan bulat meningkatkan aktivitas siswa sehingga memperoleh kategori Baik dan tercapinya ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu 90% dari seluruh siswa. Keberhasilan penelitian diperoleh melalui tiga tahap aktivitas pembelajaran yaitu tahap (think) siswa berfikir secara individu tahap (pair) siswa berdiskusi dengan temannya tahap (share) siswa melakukan presentasi didepan kelas. Saran penelitian antara lain 1) Agar pelaksanaan setiap tahapan berjalan dengan tepat waktu guru harus mampu mengelola waktu dengan sangat baik dan cermat 2) Guru perlu membimbing dan memberikan dorongan untuk siswa agar bisa aktif bertanya pada tahap think 3) Pada tahap pair guru perlu mengontrol dan mengkondisikan siswa agar aktif berdiskusi dengan pasangannya 4) Guru perlu memotivasi siswa agar berani mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas 5) Pada saat pelaksanaan tes mandiri guru perlu memberikan penekanan pada siswa agar percaya dengan hasil pekerjaannya sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110779 |
Actions (login required)
View Item |