Hidayat, Toni (2017) Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM Kota Malang / Toni Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayat Toni.2017. Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIC SMP Laboratorium UM Kota Malang. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd dan (II) Dr. Abd Qohar M.T Kata Kunci Pembelajaran penemuan terbimbing keaktifan dan hasil belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar matematika di SMP Laboratorium UM Kota Malang diharapkan siswa lebih aktif dan semangat sehingga akan berdampak pada ingatan siswa tentang apa yang dipelajari. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Laboratorium UM kota Malang untuk kelas VIII dalam pembelajaran guru matematika menyajikan materi dengan ceramah dan guru lebih mendominasi dalam pembelajaran. Dalam situasi pembelajaran seperti ini guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk mengkontruksi pengetahuan matematikanya sendiri. Sehingga membuat siswa kurang tertarik kurang semangat kurang tertantang dan sering ribut saat pelajaran matematika berlangsung. Hal ini berdampak pada pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika menjadi kurang sehingga hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan. Mengantisipasi masalah tersebut berkelanjutan di kelas VIIIc SMP Laboratorium UM Kota Malang maka perlu dicarikan formula pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan bagaimana cara menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa SMP Laboratorium UM Kota Malang. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIIc yang berjumlah 36 siswa tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan data dikumpulkan dari hasil tes akhir tindakan observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi dasar keberhasilan dalam penelitian ini pertama dalam proses pembelajaran peneliti membentuk kelompok yang heterogen. Kedua peneliti memberikan kesempatan kepada semua siswa terutama siswa yang berkemampuan rendah dan kurang aktif dalam proses pembelajaran untuk mengemukakan ide bertanya menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan atas pendapat siswa lain. Ketiga peneliti memberikan kesempatan pada siswa untuk mengerjakan berbagai soal yang memuat penggunaan konsep-konsep relasi dan fungsi dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Keempat peneliti selalu memberikan motivasi kepada siswa. Berdasarakan hasil penelitian pada siklus I dan II keaktifan siswa sudah mencapai kategori sangat aktif. Respon siswa dalam wawancara diketahui siswa menyukai metode pembelajaran dengan penemuan terbimbing dan respon siswa menyelesaikan soal matematika meningkat setiap siklus karena guru terus membimbing siswa yang tidak bisa dalam menyelesaikan soal matematika dan guru selalu memantau jalannya diskusi. Hasil belajar matematika siswa meningkat setiap siklus. Hal ini terlihat bahwa rata-rata tes siklus I yang diperoleh 36 siswa belum mencapai KKM pada tes siklus II rata-rata 36 siswa sudah mencapai KKM dengan peningkatan sebesar 7 2 dari rata-rata nilai siklus I dan dengan ketuntasan belajar klasikal siklus II 88 88%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110778 |
Actions (login required)
View Item |