Astuti, Fani Dwi (2017) Pembelajaran open-ended dengan setting kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI di SMK PGRI Lawang pada materi bangun ruang / Fani Dwi Astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Astuti Fani Dwi. 2017. Pembelajaran Open-Ended dengan Setting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI di SMK PGRI Lawang pada Materi Bangun Ruang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. Abdul Qohar M.T Kata Kunci Open-ended STAD meningkatkan kreativitas bangun ruang. Kreativitas merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menunjang prestasi seseorang. Oleh karena itu perlu dilatih dan ditingkatkan sejak seseorang mengenyam pendidikan. Kreativitas dalam pembelajaran matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah pembelajaran open-ended dengan setting kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran open-ended dengan setting kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI di SMK PGRI Lawang pada materi bangun ruang (2) mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran open-ended dengan setting kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang dan (3) mengetahui sejauh mana peningkatan kreativitas siswa melalui pembelajaran ini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan pembelajaran open-ended dengan setting kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI di SMK PGRI Lawang tahun pelajaran 2016/2017 pada semester 2. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran open-ended dengan setting kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI di SMK PGRI Lawang tahun pelajaran 2016/2017. Adapun proses pembelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut (1) Penyajian materi open-ended yang meliputi mempresentasikan pokok-pokok materi dan menyajikan contoh soal open-ended dan penyelesaiannya (2) kegiatan kelompok (3) Memberikan tes individual berupa soal open-ended (4) Memberikan poin peningkatan individual dan (5) Memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa hasil karya kerajinan tangan. Kualitas proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil persentase observasi aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II. Temuan yang lain adalah adanya peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran materi bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110776 |
Actions (login required)
View Item |