Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan kelas VII B SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone / Muhammad Amin

Amin, Muhammad (2017) Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan kelas VII B SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone / Muhammad Amin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amin, M. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII B SMP Negeri 4 Watampone Kab. Bone. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Toto Nusantara, M. Si., (II) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., MA. Kata Kunci: STAD, Himpunan, Pemahaman Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan Kelas VII B SMP Negeri 4 Watampone.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan-tahapan tersebut dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan partisipannya adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Watampone yang berjumlah 28 orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi penelitiandan hasil tes untuk mengukur kemampuan pemahaman pada materi himpunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII B SMP Negeri 4 Watampone dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi himpunan.Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pemahaman di Siklus Iyaitu 75% siswa yang tuntas sedangkan hasil tes pemahaman siswa di Siklus II yaitu 85,71% siswa yang tuntas. Peningkatan hasil tes pemahaman siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu 10,71 %. Pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan pemahaman pada materi himpunan dicirikan sebagai berikut:1) Penyajian materi menggunakan powerpoint yang beranimasi dan metode simulasi, 2) pembentukan kelompok yang berbeda dari Siklus I ke Siklus II, 3) pengarahan yang diberikan peneliti kepada siswa yang mengalami kesulitan saat berkelompok, 4) presentasi kelas membuat siswa lebih memahami materi yang dipelajari dan membuat siswa lebih percaya diri, 5) pemberian informasi di awal pembelajaran bahwa kuis akan diberikan diakhir pembelajaran, 6) pemberian penghargaan kelompok yang berupa predikat dan alat tulis. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dapat dijadikan sebagai alternatif guru dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110774

Actions (login required)

View Item View Item