Analisis kesalahan siswa kelas VII SMP daerah dalam menyelesaikan soal cerita pecahan / Edy Mulyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas VII SMP daerah dalam menyelesaikan soal cerita pecahan / Edy Mulyono

Mulyono, Edy (2017) Analisis kesalahan siswa kelas VII SMP daerah dalam menyelesaikan soal cerita pecahan / Edy Mulyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyono Edy. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP DAERAH dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Tesis Progam Studi Prendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. (II) Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci Analisis kesalahan pecahan Newman Kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pecahan masih sering terjadi. Pada kurikulum 2013 pendidikan matematika materi bilangan pecahan sudah diajarkan kepada siswa mulai kelas III Sekolah Dasar dan berlanjut sampai jenjang menengah akan tetapi sebagian besar siswa masih mengalami kendala dalam menyelesaikan permasalahan baik dalam pemahaman konsep pecahan ataupun operasi hitung pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada siswa berdasarkan prosedur Newman. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP DAERAH Wuluhan. Untuk memilih subjek penelitian seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan lembar tes secara individu. Lembar tes sebanyak 3 item soal materi pecahan Dari hasil pekerjaan siswa dipilih 5 subjek penelitian berdasarkan kriteria serta dilakukan wawancara untuk mengetahui alasan-alasan dari jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesalahan subjek penelitian dalam tahap membaca (reading error) S2 dan S4 salah menginterpretasikan kalimat yang ada pada soal no. 2b. S2 tidak dapat menuliskan apa yang diketahui di dalam soal no. 3 S1 dan S3 tidak memahami frase melewatkan kata atau informasi tertentu yang dapat digunakan untuk melakukan langkah berikutnya dalam menyelesaikan soal no. 3. (2) Kesalahan subjek dalam memahami (comprehension error) S2 S4 dan S5 kurang memahami bahasa atau kalimat yang dimaksud dalam soal no.3. S2 manafsirkan menurut logika pemikiran mereka dan langsung mengerjakan tanpa memperhatikan dengan seksama maksud dan tujuan pertanyaan. (3) Kesalahan subjek dalam tahap transformasi (transformation error) S1 menyamakan penyebut dalam mengalikan dua pecahan kemudian mengalikan pembilang dengan pembilang dan membiarkan tetap penyebutnya. S2 S4 dan S5 menggunakan hasil perhitungan sebelumnya untuk mendapatkan hasil berikutnya. Semua subjek tidak dapat membuat kalimat matematika dari permasalahan yang ada pada soal 2k. Semua subjek tidak dapat mengaitkan hal yang diketahui dengan yang ditanyakan dalam soal nomer 3. (4) Kesalahan subjek dalam tahap ketrampilan (process skill error) S1 melakukan perhitungan perkalian dengan langkah-langkah yang sama seperti pada penjumlahan. Semua subjek tidak dapat menuliskan hasil perbandingan tiga pecahan dengan tepat. (5) Kesalahan subjek dalam tahap (encoding error) S2 S4 dan S5 tidak berfokus pada pertanyaan soal subjek dapat menghitung data yang diperlukan untuk menyelesaikan soal tetapi tidak dapat menuliskan hasil akhir dengan tepat. Pada soal no.3 semua subjek tidak dapat menemukan hasil akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110773

Actions (login required)

View Item View Item