Defragmentasi struktur berpikir siswa SMK dalam memecahkan masal;ah matematika / Yuli Sastriyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmentasi struktur berpikir siswa SMK dalam memecahkan masal;ah matematika / Yuli Sastriyaningsih

Sastriyaningsih, Yuli (2017) Defragmentasi struktur berpikir siswa SMK dalam memecahkan masal;ah matematika / Yuli Sastriyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sastriyaningsih Yuli. 2017. Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis Program StudiPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. (2) Dr. Subanji M.Si. Kata kunci defragmentasistrukturberpikir strukturberpikir pemecahanmasalah masalahmatematika. Pemecahanmasalahadalahaspekpentingdalampembelajaranmatematika.Kenyataannya masihbanyaksiswa SMK mengalamikesalahandalammemecahkanmasalahmatematika.Kesalahantersebutdisebabkanolehfragmentasistrukturberpikirsiswadalammengontruksipemecahanmasalah.Karenaitu perludikajitentangdefragmentasistrukturberpikirsiswa SMK dalammemecahkanmasalahmatematika.Penelitianinibertujuanuntukmendapatkandeskripsitentangdefragmentasistrukturberpikirsiswa yang dapatmemperbaikikesalahandalammemecahkanmasalahmatematika. Penelitianinidilakukanpada 3siswakelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 TapenBondowoso.Tigasiswadipilihsebagaisubjekpenelitianyang mewakilisiswakelompoktinggi sedang danrendah. Data hasilpenelitandiperolehdarihasilkerjasiswa wawancaraberbasistugas danhasilthink out loud.DefragmentasistrukturberpikirdiawalidenganmengeksplorasifragmentasistrukturberpikirsiswadalammemecahkanmasalahmatematikaberdasarkantahapanpemecahanmasalahPolya kemudiandilakukanintervensiterbatasberupadisequilibrasi conflict cognitive danscaffolding padasiswauntukmemperbaikistrukturberpikirnya. Dari hasilpenelitiandiperolehbahwa defragmentasistrukturberpikiruntukmemperbaikikesalahansiswadalammemecahkanmasalahmatematikayang didasarkanpadafragmentasistrukturberpikir meliputi 1) defragmentasistrukturberpikirtentangmemahamimasalahuntukmemperbaikistrukturberpikirsiswatentangmemahamimasalah contohnyainformasi yang diketahuiolehsubjektidaklengkap 2) defragmentasistrukturberpikirtentanggambarjaring-jaringuntukmemperbaikistrukturberpikirsiswatentanggambarjaring-jaringkemasan contohnyagambarjaring-jaring yang dibuattidaksesuaidengandesainkemasanpadasoal 3) defragmentasistrukturberpikirtentangukurankemasanuntukmemperbaikistrukturberpikirsiswatentangukuranpadakemasan contohnyatinggipadakemasan 1 kg adalah 10 cm 4) defragmentasistrukturberpikirtentangoperasihitunguntukmemperbaikistrukturberpikirsiswatentangoperasihitung contohnya156 6 5 221 5) defragmentasistrukturberpikirtentangpernyataanmatematisuntukmemperbaikistrukturberpikirsiswatentangpernyataanmatematis contohnya3 9 27 9 6) defragmentasistrukturberpikirtentangpanjangsisiuntukmemperbaikistrukturberpikirsiswadalammenentukanpanjangsisipadajaring-jaringkemasan contohnyamenyebutsalahsatusisi yang seharusnyal dengant 7)defragmentasistrukturberpikirtentangluasuntukmemperbaikistrukturberpikirsiswatentangluasbidangdatar contohnyatidakmengetahuibagaimanacaramenentukanluasbidangdatartakberaturan. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110772

Actions (login required)

View Item View Item