Pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan software geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep persamaan garis lurus / Yelli Marlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan software geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep persamaan garis lurus / Yelli Marlina

Marlina, Yelli (2017) Pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan software geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep persamaan garis lurus / Yelli Marlina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marlina Yelli. 2017. Pembelajaran Penemuan Terbimbing Menggunakan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persamaan Garis Lurus. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Abd. Qohar MT. Kata Kunci penemuan terbimbing software geogebra pemahaman konsep persamaan garis lurus. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di kelas di mana siswa tidak dapat menentukan persamaan garis lurus karena tidak memahami konsep gradien. Penyebab permasalahan adalah bahwa guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan konsep. Proses pembelajaran hanya berorientasi pada penjelasan memberikan contoh soal dan cara menjawabnya. Setelah itu para siswa ditugaskan untuk mengerjakan latihan berdasarkan contoh. Pembelajaran itu tidak menarik bagi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan software GeoGebra yang dapat meningkatkan pemahaman konsep persamaan garis lurus siswa. Melalui penelitian ini guru diharapkan dapat menemukan cara yang tepat untuk perbaikan kualitas pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini mengacu pada model Kemmis Taggart (2014) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Gunung Talang Kabupaten Solok Sumatera Barat dan subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti sebagai guru menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing berdasarkan sintaks yaitu (1) merumuskan masalah (2) memproses mengorganisir dan menganalisis data (3) menyusun konjektur (4) menyimpulkan konjektur dan (5) evaluasi. Para siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa yang berada pada kategori baik. Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal hasil penelitian pada siklus pertama tidak berhasil. Kuis yang diberikan pada pertemuan kedua mencapai 68 42% dan tes akhir hanya 66 67%. Dibandingkan dengan kriteria keberhasilan yang disarankan (yaitu minimal 80% dari siswa memperoleh 75) nilai siswa rendah. Penyebabnya adalah ketidakpahaman siswa pada materi prasyarat yaitu persamaan linear satu variabel. Selain itu disebabkan oleh peneliti yang tidak meninjau kembali materi yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel selama kegiatan pra-tindakan. Namun dalam siklus kedua ketuntasan belajar klasikal telah sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu 100%. Ini membuktikan bahwa pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan software GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep gradien pada persamaan garis lurus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110767

Actions (login required)

View Item View Item