Fauziah, Lilik (2017) Komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended / Lilik Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fauziah Lilik. 2017. Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si. (II) Dr. Abadyo M.Si. Kata kunci komunikasi matematis open-ended statistika Komunikasi matematis adalah kemampuan dalam menyampaikan ide matematis baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi matematis merupakan salah satu standar proses untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran komunikasi matematis siswa seharusnya menjadi salah satu fokus yang diperhatikan oleh guru. Salah satu cara untuk mengembangkan komunikasi matematis adalah memberikan soal open-ended dan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kemampuan tersebut. Soal open ended memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasi ide-ide dan pemikirannya dalam menyelesaikan suatu masalah. Soal yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pada materi statistika yang hanya berfokus pada konsep modus mean dan median data tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan kriteria komunikasi matematis QCAI dan teori pemecahan masalah menurut Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa yang dipilih dari kelompok yang tingkat kemampuan kognitif tinggi (S1 dan S2) sedang (S3 dan S4) dan rendah (S5 dan S6) dengan pertimbangan bahwa siswa cukup komunikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memenuhi kriteria komunikasi matematis QCAI dan indikator yang dikembangkan peneliti dengan memberikan perbedaan respons yaitu S1 menuliskan 10 macam jawaban benar dengan 6 jawaban tipe 1 dan 4 jawaban tipe 2 S2 menuliskan 15 macam jawaban benar dengan 6 jawaban tipe 1 dan 9 jawaban tipe 2 S3 menuliskan hanya 1 macam jawaban benar tipe 1 S4 menuliskan 2 macam jawaban benar tipe 2 S5 menuliskan 3 macam data terdiri dari 2 jawaban benar tipe 2 dan 1 salah dan S6 menuliskan hanya 1 macam jawaban benar tipe 2. Berdasarkan teori pemecahan masalah menurut Polya S1 S4 dan S6 memberikan respons pada setiap tahapan dalam bentuk tulisan dan menjelaskan setiap tahapan secara lisan. Sedangkan S2 S3 dan S5 memberikan respons secara tertulis hanya pada tahap ketiga yaitu melaksanakan rencana dan menjelaskan tahapan lainnya secara lisan. Subjek mempunyai komunikasi matematis beragam dan mempunyai cara tersendiri bagaimana mengomunikasikan jawabannya secara efektif kepada orang lain dan memberikan argumen kuat yang mendukung jawabannya baik secara lisan maupun tulisan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110765 |
Actions (login required)
View Item |