Setyadi, Danang (2017) Identifikasi level metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi barisan / Danang Setyadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyadi D. 2017. Identifikasi Level Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Barisan. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si. (2) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci Metakognisi Level Metakognisi Pemecahan Masalah Metakognisi memiliki peran penting dalam pemecahan masalah matematika. Metakognisi adalah berpikir tentang apa yang dipikirkannya.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi level metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi barisan. Subjek penelitian adalah delapan siswa SMA kelas X. Level metakognisi siswa diidentifikasi dengan menggunakan lembar tes transkip think aloud jurnal metakognitif dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi barisan terdiri dari tacit use aware use semi strategic use strategic use semi reflective use dan reflective use. Pada level tacit use aware use dan semi strategic use siswa belum menemukan barisan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Pada ketiga level tersebut belum terjadi aktivitas pemonitoran kognitif dan perefleksian berpikir yang dilakukan oleh siswa. Pada level strategic use siswa mencoba memecahkan masalah dengan menggunakan barisan aritmetika dan geometri. Pada level ini siswa mulai memonitor proses kognitif yang terjadi. Pada level semi reflective use siswa menemukan bahwa banyaknya garis yang terbentuk dapat dicari dengan penjumlahan 17 16 15 8943 2 1 0 atau dengan menggunakan barisan 0 1 3 6 10 15 21 28 dan seterusnya. Pada level ini terjadi perefleksian berpikir namun tidak secara menyeluruh. Pada level reflectiveuse siswamerefleksikan pemikirannya sebelum selama dan sesudah menyelesaikan masalah. Siswa pada level ini menemukan bahwa banyaknya garis yang terbentuk dapat dicari dengan menggunakan polaU_n 0 1 2 8943 (n-1).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110763 |
Actions (login required)
View Item |