Investigasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika / Mirza Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Investigasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika / Mirza Azizah

Azizah, Mirza (2017) Investigasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika / Mirza Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Mirza. 2016. Investigasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Investigasi matematis specializing conjecturing justifying generalizing masalah matematika Pembelajaran dalam kurikulum 2013 lebih mengutamakan penerapan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thingking skill). Salah satu cara untuk mengembangkan pengetahuan matematika dan memunculkan kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah aktivitas pemecahan masalah. Kegiatan yang memiliki beberapa aspek yang sama dengan pemecahan masalah adalah investigasi matematis. Investigasi matematis menjelaskan aspek-aspek umum dari berbagai aktivitas pemecahan masalah yang meliputi proses pemikiran yang kompleks dan membutuhkan keterlibatan yang tinggi serta kreativitas yang aktif dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan investigasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Investigais matematis dalam penelitian ini berdasarkan empat aktivitas dalam proses kognitif meliputi specializing conjecturing justifying dan generalizing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Blitar yang masing-masing satu siswa dari kategori berkemampuan tinggi (KA) sedang (KB) dan kurang (KC). Penentuan subjek penelitian dengan kriteria memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulis yang baik. Kemampuan komunikasi lisan berdasarkan masukan dari guru pengajar matematika sedangkan kemampuan komunikasi tulis berdasarkan hasil pekerjaan siswa dari tes awal. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar tugas dan pedoman wawancara. Dengan demikian data yang dikumpulkan berupa hasil pekerjaan subjek dalam menyelesaikan soal dan hasil wawancara antara peneliti dengan subjek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada specializing kedua subjek KA dan KB melakukan aktivitas mengamati mengumpulkan mengorganisasi dan merepresentasikan dalam bentuk gambar informasi dari masalah sehingga memunculkan kemampuan representasi sedangkan KC hanya melakukan aktivitas mengamati dan mengumpulkan saja. Pada conjecturing ketiga subjek mampu menyusun strategi namun untuk membuat suatu dugaan berupa bentuk rumum umum hanya dilakukan oleh KA dan KB sehingga memunculkan kemampuan manipulasi dan penalaran sedangkan KC tidak melakukannya. Pada justifying KA melakukan pembuktian secara langsung dengan memasukkan suatu bilangan pada rumum umum sehingga memunculkan kemampuan manipulasi dan penalaran sedangkan KB dan KC tidak melakukan pembuktian karena kedua subjek tidak mengetahui bahwa suatu dugaan perlu diuji kebenarannya. Pada generalizing ketiga subjek mampu menerapkan dugaan untuk menemukan jawaban yang tepat sehingga memunculkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110762

Actions (login required)

View Item View Item