Analisis kesalahan siswa dalam menerapkan aturan eksponen dan upaya mengatasinya dengan menggunakan scaffolding / Ristina Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menerapkan aturan eksponen dan upaya mengatasinya dengan menggunakan scaffolding / Ristina Wahyuni

Wahyuni, Ristina (2017) Analisis kesalahan siswa dalam menerapkan aturan eksponen dan upaya mengatasinya dengan menggunakan scaffolding / Ristina Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Ristina.2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menerapkan Aturan Eksponen dan Upaya Mengatasinya dengan Menggunakan Scaffolding . Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji S.Pd M.Si. (II) Dr. Sisworo S.Pd. M.Si Kata kunci analisis kesalahan siswa scaffolding aturan eksponen. Berdasarkan uji pendahuluan sebagian besar siswa masih mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang menerapkan aturan eksponen. Padahal aturan eksponen sering digunakan sebagai materi prasyarat dalam menunjang pembelajaran mata pelajaran lain salah satunya yaitu fisika dan kimia. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis jenis jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta mengetahui bentuk scaffolding yang sesuai untuk membantu siswa dalam menerapkan aturan eksponen. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 4 siswa yang dipilih dari 32 siswa kelas X KPR1 yang mengerjakan soal tes diagnostic dengan kesalahan yang berbeda setelah dilakukan pengoreksian terhadap hasil jawaban siswa yaitu satu orang yang kemampuan matematika baik (S1) satu orang yang kemampuan matematika sedang (S2) dan dua orang yang kemampuan matematika rendah (S3 dan S4). Untuk mengklarifikasi dan mengetahui penyebab kesalahan dalam mengerjakan soal peneliti melakukan wawancara terhadap ke empat subjek tersebut. Yang selanjutnya dilakukan scaffolding untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan. Untuk evaluasi pelaksanaan scaffolding dilaksanakan tes akhir. Metode yang digunakan adalah tes dan wawancara. Pengklasifikasian kesalahan siswa menggunakan empat tipe kesalahan yang dikemukakan Brodie yaitu (1) Basic Error (2) appropriate error (3) missing information dan (4) partial insight. Sedangkan Scaffolding yang dilaksanakan peneliti meliputi tiga level yang dikemukakan Anghileri yaitu (1) environmental provisions (2) explaining reviewing dan restructuring dan (3) developing conceptual thinking. Hasil tes diagnostik menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menerapkan aturan eksponen adalah (1) Basic Error yaitu kesalahan konsep dasar aturan eksponen (3) missing information yaitu kesalahan dalam menyelesaikan soal ketika tidak dapat memproses lebih lanjut solusi dari permasalahan dan (4) partial insight yaitu kesalahan yang disebabkan ketidaktelitian dalam menjawab soal. Scaffolding yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan meliputi scaffolding level 1 environmental provisions diberikan ketika guru memandang perlu adanya bantuan berupa contoh kontekstual dalam mengoperasikan bentuk aljabar. Scaffolding level 2 (2) reviewing diberikan ketika siswa tidak dapat menggunakan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya dan (3) restructuring diberikan ketika siswa mengalami kesalahan konsep. Scaffolding level 3 developing conceptual thinking diberikan ketika siswa lupa konsep dengan menghubungkan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan masalah. Dengan dasar temuan pada penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru pada umumnya untuk melakukan diagnosis kesulitan siswa sehingga dapat memberikan scaffolding yang efektif dan guru hendaknya memberikan pembelajaran yang bermakna untuk menanamkan konsep yang diajarkan . Soal yang digunakan dalam penelitian ini masih terbatas untuk itu perlu adanya pengembangan variasi soal yang berbentuk pemecahan masalah yang menerapkan aturan eksponen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110754

Actions (login required)

View Item View Item