Pengembangan bahan ajar matematika pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP menggunakan metode penemuan terbimbing berbantuan geogebra / Kholifatur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matematika pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP menggunakan metode penemuan terbimbing berbantuan geogebra / Kholifatur Rosidah

Rosidah, Kholifatur (2017) Pengembangan bahan ajar matematika pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP menggunakan metode penemuan terbimbing berbantuan geogebra / Kholifatur Rosidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosidah Kholifatur. 2016. PengembanganBahan Ajar MatematikaPadaMateriPersamaanGarisLurusKelas VIII SMP MenggunakanMetodePenemuanTerbimbingBerbantuanGeoGebra.Tesis. Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I). Prof. Dr. CholisSa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. MakbulMuksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar PenemuanTerbimbing PersamaanGarisLurus GeoGebra. Peranaktifsiswadalambelajar yaitudalammengkonstruksisuatukonsepmatematikadanaktifmelakukanpenyelidikansangatmenentukankeberhasilandarisuatupembelajaran.Olehkarenaitudiperlukanperan guru dalammendesainpembelajaran yang melibatkankeaktifansiswa.Desainpembelajarandapatdiwujudkandengansuatumetodepembelajaran yang tepat.Metodepenemuanterbimbingdenganmenggunakanbantuan software GeoGebramerupakanmetode yang tepatuntukdigunakanpadamateripersamaangarislurus.Penggunaanbahan ajar denganbantuaneksplorasiGeoGebrasangatdiperlukandalampembelajaranmateripersamaangaris.Dengandemikianpengembanganbahan ajar menggunakanmetodepenemuanterbimbingberbantuanGeoGebrasangatdiperlukan. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikan proses danhasildaripengembanganbahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkanterdiridariLembarKerjaSiswa (LKS) danRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP).Penelitianinimenggunakan model pengembanganfour D (4D) yang dikembangkanolehThiagarajan yang telahdimodifikasi.Terdapat 4 tahapan utamadalam model pengembanganini yang meliputi define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Dalampenelitianini tahapdisseminate (penyebaran) sengaja tidak dilakukan. Hasildaripengembanganbahan ajar iniadalahadanya LKS dan RPP padamateripersamaangarislurusuntuk SMP yang valid praktis danefektifsehinggadapatdigunakandalampembelajaran. Ujikevalidandilakukanolehdua observer dandiperolehskor rata-rata yaitu 3.43 untuk LKS dan 3.44 untuk RPP.Hal iniberarti LKS dan RPP yang dikembangkantelah valid.Selanjutnyadilakukanujicobalapanganuntukmengetahuikepraktisandankeefektivandaribahan ajar yang dikembangkan.Berdasarkanhasilobservasi skor rata-rata aktifitas guru adalah3.71 yang berartiaktifitas guru beradapadakategoritinggidanbahan ajar dinyatakanpraktis.Untukmengujikeefektivandaribahan ajar dapatdilihatdaritigaindikatoryaituhasilobservasiaktivitassiswa angketresponsiswadantespenguasaanbahan ajar.Berdasarkanhasilujicoba diperoleh(1) skor rata-rata aktivitassiswaadalah 3.66 (sangataktif) (2) skor rata-rata responsiswa3.23 (positif) dan (3) haasiltespengetahuanbahan ajar kelasdiperolehskor 80.58 (baik).Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwabahan ajar yang dikembangkantelahvalid praktisdanefektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110753

Actions (login required)

View Item View Item