Susanti (2017) Koneksi matematis siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita persamaan kuadrat / Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susanti. 2016. Koneksi Matematis Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Kuadrat. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata kunci koneksi matematis soal cerita persamaan kuadrat Koneksi matematis memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika yang bermakna. Koneksi matematis adalah hubungan antara ide/gagasan dalam satu konsep matematika antara konsep matematika dengan konsep matematika yang lain dan antara matematika dengan kehidupan nyata. Namun koneksi matematis siswa di suatu SMK masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan kuadrat. Soal cerita adalah soal yang disajikan dalam bentuk narasi tentang kehidupan nyata yang perlu diterjemahkan ke dalam model matematika.Materi persamaan kuadrat dipelajari siswa kelas X yang membahas tentang penerapan persamaan kuadrat dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif. Respons subjek dianalisis berdasarkan tiga tipe koneksi yaitu koneksi pemodelan koneksi konsep dan koneksi prosedur. Koneksi pemodelan adalah koneksi yang dilakukan siswa dalam membuat model matematis dari soal yang diberikan. Koneksi konsep adalah koneksi antar konsep dalam matematika. Koneksi prosedur adalah koneksi antara prosedur atau algoritma yang digunakan dalam menyelesaikan soal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek yaitu subjek dengan koneksi tidak lengkap (S1) subjek dengan koneksi kurang lengkap (S2) dan subjek dengan koneksi lengkap (S3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa S1 menyelesaikan soal cerita dengan melakukan koneksi pemodelan yaitu menyatakan objek nyata menjadi objek matematis menyatakan harga pembelian dalam bentuk variabel. S1 juga memenuhi satu indikator pada koneksi konsep yaitu menghubungkan konsep harga pembelian per unit harga pembelian keseluruhan dan banyak barang yang dibeli. S1 menghubungkan penyelesaiannya dengan konsep persamaan linier. S2 menyelesaikan soal cerita dengan melakukan koneksi pemodelan yaitu menyatakan objek nyata menjadi objek matematis menyatakan harga pembelian dalam bentuk variabel dan menyatakan kalimat terbuka dalam bentuk persamaan. S2 memenuhi satu indikator pada koneksi konsep yaitu menghubungkan konsep harga pembelian per unit harga pembelian keseluruhan dan banyak barang yang dibeli. Selain itu S2 juga memenuhi satu indikator pada koneksi prosedur yaitu melakukan operasi penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian bentuk aljabar yaitu mengubah persamaan pecahan menjadi persamaan linier. S2 menghubungkan penyelesaiannya dengan konsep persamaan linier. S3 menyelesaikan soal cerita dengan melakukan koneksi pemodelan yaitu menyatakan objek nyata menjadi objek matematis menyatakan harga pembelian dalam bentuk variabel menyatakan harga penjualan dalam bentuk variabel dan S3 dapat menyatakan kalimat terbuka dalam bentuk persamaan. S3 juga melakukan koneksi konsep yaitu menghubungkan konsep harga pembelian per unit harga pembelian keseluruhan dan banyak barang yang dibeli menghubungkan konsep harga penjualan per unit harga penjualan keseluruhan dan banyak barang yang dijual dan menghubungkan prosedur menyelesaikan operasi bentuk aljabar dengan konsep persamaan kuadrat. Selain itu S3 juga melakukan koneksi prosedur yaitu melakukan operasi penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian bentuk aljabar yaitu mengubah persamaan pecahan menjadi persamaan kuadrat. S3 belum dapat menentukan selesaian dari persamaan kuadrat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110750 |
Actions (login required)
View Item |