Tingkat literasi matematis siswa kelas X SMA dalam mengerjakan soal PISA / Isti Retno Pramudya Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat literasi matematis siswa kelas X SMA dalam mengerjakan soal PISA / Isti Retno Pramudya Wardhani

Wardhani, Isti Retno Pramudya (2017) Tingkat literasi matematis siswa kelas X SMA dalam mengerjakan soal PISA / Isti Retno Pramudya Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Isti Retno Pramudya. 2016. Tingkat Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA Dalam Mengerjakan Soal PISA. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr I Nengah Parta M.Si. (II) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Tingkat literasi matematis Soal PISA. PISA (Program International Student Assesment) adalah program internasional yang mengukur literasi matematis siswa yang berumur 15 tahun. Literasi matematis adalah kemampuan individu untuk merumuskan ke dalam bentuk matematis menggunakan konsep dan menafsirkan hasil matematika dalam berbagai konteks. Kemampuan individu meliputi semua aspek kemampuan fundamental matematis. Kemampuan fundamental matematis meliputi kemampuan dalam komunikasi matematisasi representasi penalaran dan argumentasi merancang strategi pemecahan masalah menggunakan bahasa dan operasi simbol secara formal dan teknis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Tingkat literasi matematis siswa berdasarkan aspek kemampuan fundamental matematis. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah soal PISA rubrik penilaian dan pedoman wawancara. Soal PISA yang digunakan berdasarkan kemampuan kognitif PISA pada level 1. 2 3 4 5 dan 6. Subyek penelitian ini adalah 5 siswa yang dapat mengerjakan dan mengklarifikasi jawabannya dengan benar pada setiap level. Subyek penelitian dipilih berdasarkan nilai yang diperoleh dan hasil wawancara. Subyek penelitian tersebut meliputi S1 pada level 1 S2 pada level 2 S3 pada level 3 S4 pada level 4 dan S5 pada level 5 dan 6. Hasil penelitian ini diperoleh tingkatliterasimatematis S1 S3 S4 dan S5 adalahsangatbaikketikamengerjakansoal PISA level 1. Sedangkantingkatliterasimatematis S2 baikketikamengerjakansoal PISA level 1.Tingkat literasimatematis S3 dan S5 adalahsangatbaikpadasoal PISA level 2. SedangkantingkatliterasimatematisS4 adalahbaikdan S2 rendahketikamengerjakansoal PISA level 2. S3 dan S4 mempunyaikemampuan yang baikpada level 3. S4 mempunyaikemampuan yang baikdan S5 mempunyaikemampuan yang sangatbaikpada level 4. Sedangkantingkatliterasimatematis S5 sangatbaik di level limadanbaik di level 6. Dua faktor yang mempengaruhi tingkat literasi matematis siswa yaitu dari dalam diri siswa dan di luar siswa. Faktor dari dalam siswa yaitu faktor psikologis tingkat kecerdasan gaya belajar dan perkembangan kognitif. Faktor dari luar siswa yaitu metode pembelajaran materi pelajaran matematika dan lingkungan sosial. Hal - hal yang dapat ditindaklanjuti ke depannya bagi peneliti lain dalam penelitian ini adalah perlu adanya penelitian yang lebih banyak dan kajian yang mendalam tentang indikator - indikator yang digunakan pada 6 aspek kemampuan fundamental matematis serta mengembangkan indikator - indikator yang digunakan sehingga dapat mengukur literasi matematis siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110748

Actions (login required)

View Item View Item