Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan pendekatan saintifik berbantuan geogebra untuk memahamkan konsep program linear / Erna Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan pendekatan saintifik berbantuan geogebra untuk memahamkan konsep program linear / Erna Tri Wahyuni

Tri Wahyuni, Erna (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan pendekatan saintifik berbantuan geogebra untuk memahamkan konsep program linear / Erna Tri Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Erna Tri. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra untuk Memahamkan Konsep Program Linear. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. (II) Dr. Susiswo M.Si. Kata kunci Pendekatan Saintifik SoftwareGeogebra Program Linear Pemahaman Konsep Pemahaman konsep materi matematika harus dikuasai siswa untuk keberhasilan dalam pembelajaran materi selanjutnya. Siswa lebih mudah untuk mengonstruk pengetahuan yang baru dengan menguasai konsep. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui siswa belum bisa mengonstruk pengetahuannya terhadap materi program linear dikarenakan LKS yang digunakan berisi rangkuman materi dan latihan soal sehingga pemahaman siswa terhadap konsep program linear masih lemah. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran bercirikan pendekatan saintifik berbantuan GeoGebra yang dapat mengarahkan siswa dalam mengonstruk pengetahuannya serta dukungan teknologi yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Four-D dengan tidak melakukan langkah yang keempat yaitu disseminate karena keterbatasan waktu.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang bercirikan pendekatan saintifik berbantuan GeoGebra yang valid praktis dan efektif untuk memahamkan konsep program linear siswa. Siswa menjadi paham akan konsep program linear hal ini ditunjukkan dengan perangkat pembelajaran tersebut mengarahkan siswa untuk a) menjelaskan pengertian konsep kendala fungsi tujuan permasalahan program linear dan nilai optimum b) menglasifikasikan objek menurut karakteristik kendala fungsi tujuan dan model matematika c) menyajikan konsep dalam bentuk tabel dan grafik d) memanfaatkan atau memilih prosedur menggambar daerah selesaian. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa SMKN 3 Batu kelas XI ANM A. Pengambilan data dilakukan menggunakan lembar validasi lembar observasi angket respon siswa dan tes pemahaman konsep. Berdasarkan analisa dari hasil validasi hasil analisa data kepraktisan dan hasil analisa data hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110745

Actions (login required)

View Item View Item