Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat serta scaffoldingnya / Lailatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat serta scaffoldingnya / Lailatul Badriyah

Badriyah, Lailatul (2017) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat serta scaffoldingnya / Lailatul Badriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Badriyah Lailatul. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Tambah dan Kurang Bilangan Bulat Serta Scaffolding-nya. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan operasi tambah dan kurang bilangan bulat scaffolding. Analisis kesalahan merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan pengetahuan dasar keterampilan bahkan kesalahpahaman (miskonsepsi) siswa dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat. Selanjutnya hasil analisis kesalahan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan tindak lanjut seperti scaffolding(bantuan terkontrol) untuk membantu siswa memperbaiki kesalahannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat dan (2) mendeskripsikan scaffolding berdasarkan jenis-jenis kesalahan siswa yang dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahannya dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama peneliti juga menggunakan instrumen naskah soal ( pre test dan post tes) dan pedoman scaffolding. Data penelitian ini adalah jenis kesalahan siswa yang tampak pada lembar jawaban siswa serta transkripsi percakapan selama proses pemberian scaffolding. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa dari 3 kategori kemampuan siswa yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat yaitu (a) kesalahan pada operasi tambah bilangan positif dengan bilangan negatif (a (-b)) (b) kesalahan pada operasi tambah bilangan negatif dengan bilangan positif ((-a) b) (c) kesalahan pada operasi tambah antar bilangan negatif ((-a) (-b)) (d) kesalahan pada operasi kurang antar bilangan positif (a-b) (e) kesalahan pada operasi kurang bilangan positif dengan bilangan negatif (a-(-b)) (f) kesalahan pada operasi kurang bilangan negatif dengan bilangan positif ((-a)-b) dan (g) kesalahan pada operasi kurang antar bilangan negatif ((-a)-(-b)). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Scaffoldinglevel 2 (Reviewing dan Restructuring) dan level 3 (Making Connection) dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki jenis kesalahan pada operasi tambah dan kurang bilangan bulat. Scaffolding diberikan dengan mempertimbangkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki masing-masing subjek dalam menentukan hasil operasi tambah dan kurang bilangan bulat seperti pengunaan metode garis bilangan dan Hutang Bayar. Peneliti juga membantu subjek menggunakan koin negatif sebagai representasi konteks bilangan bulat negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110744

Actions (login required)

View Item View Item