Yazidah, Izzatul (2017) Pengembangan model pembelajaran berbasis inkuiri untuk me- ningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi lingkaran SMP / Izzatul Yazidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yazidah Izzatul. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkaran SMP Tesis Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Dr. EdyBambangIrawan M.Pd (II) Dr. rer. Nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Pengambangan Model Pembelajaran Inkuiri BerpikirKritis Lingkaran. Berpikirkritismerupakansalahsatukompetensimanusiaabad XXI dantujuanpembelajaranmatematika di SMP.Sayangnyapembelajaranselamainikurangmenekankanpadaaktivitas yang dapatmelatihkemampuantersebutsehinggakemampuanberpikirkritissiswamasihrendah.Salah satuaktivitas yang diharapkandapatmeningkatankemampuanberpikirkritisadalahinkuiri.Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkan model pembelajaranberbasisinkuiri yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa. Model pembelajarandikembangkanmelaluiempattahapan yaitu (1) TahapInvestigasiAwal (2) TahapDesain (3) TahapRealisasi dan (4) TahapTes Evaluasi danRevisi. Model pembelajaran yang dikembangkanterdiridarilimakomponen yaitu (1) tujuan model (2) sintaks (3) prinsipreaksi (4) sistemsosial dan (5) sistempendukung. Tujuan model adalahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritis.Sintaks model pembelajaranberbasisinkuiriterdiridarienamfase yaitu (1) MenyajikanMasalah (2) MengajukanDugaan (3) Mengumpulkan Data (4) MerumuskanPenjelasan (5) MenjelaskanKesimpulan dan (6) MelakukanRefleksi. Prinsipreaksidiantaranyaadalahmemberibantuanteknis memintauntukmeninjaukembali danmemberiumpanbalik.Sistemsosialmenekankanpadapembelajarankooperatif berstruktursosialsedang dandiskusi.Sistempendukungberupaperangkatpembelajaransertaalatdanbahan yang mendukung model pembelajaran.Model pembelajaran yang dikembangkandiharapkandapatmemenuhikriteriakevalidan kepraktisan dankeefektifan.Penelitianinijugamengembangkaninstrumenpenelitian yang sesuaidengantujuanpenelitian.Hasilpenilaianahlimenunjukkanbahwa model pembelajaran yang dikembanganmemenuhikriteriakevalidandengannilai 3 22dandapatdilaksanakan di lapangan. UjiCobalapangandilakukandua kali di SMP Negeri 2 Bojonegoropadakelas yang berbedakarenapeningkatankemampuanberpikirkritispadaujicoba I kurangsignifikan walaupun model pembelajaransudahpraktis.Hasilketerlaksanaan model pembelajaranpadaujicoba II adalah 3 12sehinggadapatdikatakanbahwa model pembelajaranmemenuhikriteriakepraktisan. Hasilanalisisuji-tterhadapskorkemampuanberpikirkritissiswamenunjukkanp-valuesebesar 0 028.Hal iniberartibahwatelahterjadipeningkatankemampuanberpikirkritissiswasecarasignifikan.Responsiswaterhadappembelajaranadalahpositifdenganpersentase 73 77%. Hasilpenilaianaktivitassiswaselamapembelajaransebesar 3 07termasukdalamkategoriaktif. Berdasarkanhal-haltersebutdapatdikatakanbahwa model pembelajaranberbasisinkuiritelahmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasecaraefektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110743 |
Actions (login required)
View Item |