Nastahwid, Mukhammad (2017) Proses berpikir siswa kelas VIII SMP Ar-Rohmah Dau Malang dalam menyelesaikan masalah operasi aljabar / Mukhammad Nastahwid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nastahwid Mukhammad. 2016. Proses Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Ar-Rohmah Boarding School Dau Malang dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Aljabar. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci Proses Berpikir Menyelesaikan Masalah Operasi Aljabar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah operasi aljabar berdasarkan tahapan Polya dan tahapan proses berpikir yang disampaikan oleh Mason dkk (2010). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Ar-Rohmah Boarding School Dau Malang. Dipilih 5 (lima) subjek penelitian untuk mengerjakan soal tes utama. Peneliti selanjutnya mewawancarai 5 (lima) subjek ini berdasarkan lembar jawaban subjek (soal operasi ajabar) untuk mengetahui struktur berpikirnya. Berdasarkan struktur berpikir tersebut peneliti dapat mendeskripsikan bagaimanakah proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah operasi aljabar berdasarkan tahapan Polya dan tahapan proses berpikir yang disampaikan oleh Mason dkk (2010). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan antara lain berupa hasil kerja dari lembar jawaban hasil wawancara dan catatan lapangan. Data tersebut diperoleh dari subjek-subjek yang mengerjakan dengan benar semua pertanyaan (S1 dan S2) dan subjek-subjek yang hanya benar pada pertanyaan pertama saja (S3 S4 dan S5) kemudian data-data tersebut dianalisis melalui tahapan penyelesaian oleh Polya yaitu memahami masalah merencanakan strategi menjalankan strategi dan memeriksa kembali. Disamping itu data-data tersebut juga dianalisis menggunakan tahapan proses berpikir oleh Mason dkk (2010) yaitu specializing generalizing conjecturing dan convincing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hanya S1 dan S2 memenuhi semua tahapan penyelesaian masalah oleh Polya dan tahapan proses berpikir oleh Mason dkk (2010) tetapi terdapat perbedaan dalam menyelesaikan masing-masing pertanyaan S1 menyelesaikan soal dengan mengerjakan operasi dalam kurung terlebih dahulu baru kemudian dikuadratkan untuk mendapatkan hasilnya sedangkan S2 menggunakan perkalian distributif untuk menentukan hasilnya (2) S3 memenuhi semua tahapan proses berpikir oleh Mason dkk (2010) tetapi tidak memenuhi salah satu tahapan penyelesaian soal oleh Polya yaitu pada tahap memeriksa kembali meskipun S3 sangat yakin dengan hasil pekerjaannya (3) S4 memenuhi semua tahapan proses berpikir oleh Mason dkk (2010) tetapi tidak memenuhi dua tahapan penyelesaian soal oleh Polya yaitu pada tahap merencanakan strategi dan memeriksa kembali S4 mengerjakan setiap pertanyaan secara langsung tanpa dipikirkan terlebih dahulu strategi penyelesaiannya (4) S5 memenuhi semua tahapan penyelesaian masalah oleh Polya dan tahapan proses berpikir oleh Mason dkk (2010) tetapi salah dalam menjawab pertanyaan kedua. Hal ini dikarenakan S5 tidak teliti dalam tahapan memeriksa kembali meskipun S5 yakin dengan hasil yang diperolehnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110742 |
Actions (login required)
View Item |