Ilmi, Yuli Ismi Nahdiyati (2017) Representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan teori Apos / Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ilmi Yuli Ismi Nahdiyati. 2016. Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Teori APOS. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaya M.Ed. Ph.D (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si Kata kunci APOS Menyelesaikan Soal Perbandingan Representasi Representasi sangat berguna untuk menggambarkan objek matematika mengomunikasikan objek matematika dan bekerja dengan matematika serta penting dalam menyelesaikan soal matematika. Pada pengetahuan matematika siswa terkontruksi mental yang berupa aksi proses objek dan skema atau yang disebut teori APOS. Berdasarkan repesentasi penyelesaian soal dapat diketahui sampai sejauh mana pengetahuan siswa tersebut melalui teori APOS. Oleh karena itu penelitian ini mendeskripsikan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan teori APOS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjeknya adalah 6 siswa kelas VII A SMPN 1 Negeri Malang yaitu 2 siswa dari kelompok yang berkemampuan rendah 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan tinggi. Penentuan kelompok tersebut berdasarkan hasil ulangan harian dan UTS. Kemudian terpilihnya 2 subjek dari masing-masing kelompok berdasarkan soal perbandingan yang diberikan. Untuk melengkapi dan memperkuat data yang berupa hasil tes diadakan wawancara. Secara umum representasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan teori APOS berupa representasi tertulis (simbolik) dan representasi verbal (kata-kata). Representasi aksi berupa simbolik yaitu berupa formula atau persamaan serta ada pula yang berupa verbal atau kata-kata tertulis. Kemudian untuk tahap proses representasinya berupa verbal tertulis ataupun lisan yaitu kemampuan subjek dalam menjelaskan cara yang digunakan dalam penyelesaian soal perbandingan senilai atau berbalik nilai. Representasi ini merupakan hasil proses pemikiran subjek melaui penjelasan mereka pada cara yang digunakan. Pada tahap objek bentuk representasinya yaitu berbentuk verbal dan simbolik. Representasi verbal pada subjek yaitu ketika subjek mampu mendefinisikan konsep perbandingan senilai maupun berbalik nilai. Selain itu representasi objek juga berupa simbolik yaitu berupa persamaan atau formula dalam menyelesaikan soal dengan tepat. Representasi dari skema berbentuk verbal subjek mengaitkan perbandingan dengan rumus dan mnyebutkan kaitan antara konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan grafik yang dibentuk. Namun subjek tersebut masih belum mampu merepresentasikan grafik tersebut mereka hanya mengimajinasikan melalui wawancara oleh peneliti. Representasi aksi dan proses secara keseluruhan terjadi pada semua subjek untuk objek hanya subjek berkemampuan sedang dan tinggi. Pada tahap skema hanya terdapat pada 1 subjek berkemampuan sedang dan 2 subjek berkemampuan tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110741 |
Actions (login required)
View Item |