Sriwati (2017) Penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman pada materi ajar perbandingan siswa kelas VIII.8 SMPN 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016 / Sriwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sriwati. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Ajar Perbandingan Siswa Kelas VIII.8 SMPN 5 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (2) Dr. Swasono Rahardjo M.Si Kata Kunci Pendekatan Saintifik Perbandingan Perbandingan merupakan materi yang kurang dipahami oleh siswa SMP Negeri 5 Malang. Berdasarkan pengalaman penulis mengajar pada tingkat sekolah menengah pertama hal tersebut dapat dilihat dari tidak tercapainya kriteria ketuntasan minimal secara klasikal setiap tahun. Keprihatinan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan saintifik yang difokuskan pada materi perbandingan yang diajarkan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) pada siswa kelas VIII.8 SMPN 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016 untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research) yang terdiri atas dua siklus. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah merancang instrumen penelitian mengumpulkan data menganalisis data dan melaporkan hasil penelitian. Subyek kajian adalah siswa kelas VIII.8 yang jumlahnya 33 siswa terdiri atas 15 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman pada materi perbandingan. Siswa merasa tertarik pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas dan sikap antusias mereka ketika mengerjakan soal-soal dalam lembar kerja siswa (LKS) mengenai perbandingan. Temuan penelitian ini dapat dipergunakan sebagai dasar bagi upaya meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran melalui 1) guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik 2) guru memberikan petunjuk yang jelas mengenai langkah-langkah pembelajaran yang ada pada LKS agar siswa segera dapat menyesuaikan diri dengan apa yang harus mereka kerjakan 3) guru memberikan kesempatan yang leluasa bagi siswa untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan serta memberikan motivasi kepada siswa agar lebih berani dalam menyampaikan pendapat atau pertanyaan 4) guru mengatur agar siswa yang memiliki kemampuan tinggi sedang maupun rendah memperoleh kesempatan yang sama dalam menyampaikan pendapat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110740 |
Actions (login required)
View Item |