Metakognisi siswa bergaya kognitif field-independent dan field-dependent dalam pemecahan masalah trigonometri / Dimas Femy Sasongko - Repositori Universitas Negeri Malang

Metakognisi siswa bergaya kognitif field-independent dan field-dependent dalam pemecahan masalah trigonometri / Dimas Femy Sasongko

Sasongko, Dimas Femy (2017) Metakognisi siswa bergaya kognitif field-independent dan field-dependent dalam pemecahan masalah trigonometri / Dimas Femy Sasongko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasongko D.F. 2016. Metakognisi Siswa Bergaya Kognitif Field-Independent dan Field-Dependent dalam Pemecahan Masalah Trigonometri. Tesis. Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Subanji M.Si (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci metakognisi gaya kognitif field-independent field-dependent pemecahan masalah trigonometri Sukses atau gagalnya pemecahan masalah seseorang dapat dilihat melalui kognisi atau metakognisi yang dilakukan sebelum selama dan setelah pemecahan masalah. Pemecahan masalah seseorang juga dipengaruhi gaya kognitif yang dimilikinya. Seringkali tes pemecahan masalah hanya menilai proses akhir saja tetapi mengesampingkan proses mental yang juga dilakukan khususnya metakognisi. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa bergaya kognitif field-independent dan field-dependent dalam memecahkan masalah trigonometri. Dengan menggunakan instrumen GEFT subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa bergaya kognitif field-independent yang memiliki skor GEFT mendekati 18 dan 2 siswa bergaya kognitif field-dependent yang memiliki skor GEFT mendekati 0 dari siswa kelas XI SMAN 1 Sampang. Subjek diminta untuk menyelesaikan Tugas Pemecahan Masalah Trigonometri (TPMT) secara tertulis dan menyuarakan pikirannya (think aloud). Data think aloud setiap subjek ditriangulasi dengan data wawancara terhadap subjek tersebut. Data yang telah valid difokuskan pada aspek (1) kesadaran metakognitif (2) pengaturan metakognitif dan (3) evaluasi metakognitif. Seluruh subjek yakni 2 subjek bergaya kognitif field-independent dan 2 subjek bergaya kognitif field-independent menggunakan ketiga aspek metakognitif. Kesadaran metakognitif ditandai dengan aktivitas menyebutkan informasi dalam masalah mengidentifikasi tujuan dari masalah dan memodelkan masalah.Semakin sulit masalah yang dihadapi subjek field-dependent cenderung kesulitan dalam memodelkan masalah. Pengaturan metakognitif ditandai dengan menyusun rencana umum rencana khusus dan tindakan untuk memecahkan masalah. Semakin sulit masalah yang dihadapi rencana umum rencana khusus dan tindakan yang disusun subjek field-dependent cenderung tidak mengarah pada selesaian. Evaluasi metakognitif dari subjek field-dependent cenderung lebih banyak namun mereka cenderung memperoleh selesaian yang salah. Di lain pihak meskipun menggunakan aspek evaluasi metakognitif lebih sedikit subjek field-independent mencapai selesaian dengan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110738

Actions (login required)

View Item View Item