Penggunaan FX Draw untuk memahamkan konsep kesebangunan melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IX.4 SMPN 23 Malang / Setyaning Dewi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan FX Draw untuk memahamkan konsep kesebangunan melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IX.4 SMPN 23 Malang / Setyaning Dewi Anggraeni

Anggraeni, Setyaning Dewi (2016) Penggunaan FX Draw untuk memahamkan konsep kesebangunan melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IX.4 SMPN 23 Malang / Setyaning Dewi Anggraeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Setyaning Dewi. 2016. Penggunaan FX Draw untuk Memahamkan Konsep Kesebangunan melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa kelas IX.4 SMPN 23 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci FXDraw Kesebangunan Penemuan Terbimbing Sebagian besar siswa masih kesulitan menentukan panjang sisi yang belum diketahui pada dua bangun datar yang sebangun disebabkan pemahaman yang kurang maksimal terhadap konsep kesebangunan. Hal ini disebabkan siswa kesulitan menentukan sisi yang bersesuian karena tidak dapat secara langsung menentukan pasangan sudut yang sama besar diantara dua segitiga sebangun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut direncanakan pembelajaran kesebangunan dengan metode penemuan terbimbing berbantuan FXDraw. Alasan penggunaan aplikasi ini karena (1)pada pembelajaran materi geometri dan persamaan garis lurus pernah menggunakan FXDraw (2) dengan tools mark angle ukuran sudut langsung diketahui dan (3) ukuran sisi bangun datar diketahui cukup dengan mengklik pada sisi yang dimaksud. Penemuan terbimbing dipilih didukung oleh pendapat Sobel dan Maletsky(1975 126) bahwa metode yang cocok untuk siswa berkemampuan sedang dan rendah adalah metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan bantuan FXDraw yang dapat meningkatkan pemahaman konsep kesebangunan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX.4 SMP Negeri 23 Malang pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus masing-masing terdapat 2 dan 3 pertemuan. Data yang dikumpulkan berasal dari (1) hasil tes awal penelitian (2) tes akhir pada siklus 1 dan 2 (3) hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta (4) hasil wawancara terhadap siswa. Tahapan pembelajaran pada penelitian ini sebagai berikut (1) pada fase pendahuluan siswa disajikan contoh benda-benda yang sebangun (2) pada fase terbuka siswa mengamati contoh-contoh pasangan segitiga maupun segiempat baik yang sebangun maupun tidak sebangun (3) pada fase konvergen siswa merumuskan sifat-sifat segitiga maupun segiempat yang sebangun berdasarkan sudut dan perbandingan panjang sisi yang bersesuaian dan (4) pada fase penutup dan penerapan siswa apabila disajikan pasangan gambar segitiga maupun segiempat dapat mengidentifikasi pasangan gambar tersebut sebangun atau tidak. Siswa menyimpulkan bahwa dua segitiga dikatakan sebangun apabila ada 3 pasang sudut sama besar diantara dua segitiga serta setiap pasang sisi yang menghadap sudut yang sama besar perbandingan panjang sisinya sama. Dapat ditulis 8710 ABC 8710 DEF jika dan hanya jika 8736 A 8773 8736 D 8736 B 8773 8736 E 8736 C 8773 8736 F dan AB/DE BC/EF AC/DF . Berdasarkan hasil tes akhir siklus 1 masih terdapat 64 5% siswa yang mendapat nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta skor aktivitas guru dan siswa berdasarkan pengamatan observer adalah 2 9. Pada akhir siklus 2 terdapat lebih dari 80% siswa mendapat nilai lebih dari KKM serta skor aktivitas guru dan siswa naik menjadi 3 7. Temuan data padasiklus 1 menunjukkanbahwasaatsiswamengerjakansoallatihanmenggunakansifatsegitiga yang sebangununtukmenentukanpanjangsisi yang belumdiketahui penyebabnyaternyatasiswakesulitanmenyelesaikankarenatidakmemahamikonseppecahansenilaidanperbandingan.Sehingga guru perlumengulangkembalimateriprasyaratkesebangunanyaituhubungansudutdiantaraduagarissejajar sifat-sifatsegitigamaupunsegiempat pecahansenilaisertatransformasi agar pembelajarankesebangunanlebihefektif. Pembelajarankesebangunandenganmetodepenemuanterbimbingmenggunakan LKS yang berintegrasi worksheet FXDrawmembantusiswalebihmudahmengidentifikasisifat-sifatduabangundatarsebangunapabiladibandingkandenganmengamatipanjangsisidanbesarsudutmenggunakanalatukur manual.NamunpembelajaranmenggunakanaplikasiFXDrawiniakanlebihefektiflagijikapadasaatkegiatandiskusisiswamasing-masingdapatmelakukanpengamatanlangsungpada LKS yang diintegrasikandenganFXDrawpada laptop ataumemanfaatkan komputer yang ada di ruang multimedia di sekolah apabila tersedia dan sudah terinstall aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110736

Actions (login required)

View Item View Item