Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan masalah open-ended materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIID SMPN 2 Kualasimpang / Sri Desilya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan masalah open-ended materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIID SMPN 2 Kualasimpang / Sri Desilya

Sri, Desilya (2016) Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan masalah open-ended materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIID SMPN 2 Kualasimpang / Sri Desilya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desilya S. 2016. PembelajaranTeam Games Tournament (TGT) DenganMasalahOpen-EndedMateriSegiempatdanSegitigaUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelas VIID SMPN 2 Kualasimpang.Tesis.PascasarjanaPendidikanMatematikaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Prof.Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci TGT masalahopen-ended berpikirkritis Berpikirkritis (critical thinking)menurutdimensibelajarmerupakansalahsatuaspek yang harusdikembangkandandimilikiolehsiswadalampembelajaran.Berpikirkritismerupakankompetensidasar yang harusdicapaidalampembelajaranmatematika. Beberapapenelitianmenunjukkanbahwadenganmasalahopen-endedmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Pembelajaran yang tepatperluditerapkansebagaiupayameningkatkankemampuanberpikirkritis salahsatunyadenganmenerapkanpembelajaran model Team Games Tournament (TGT) denganmasalahopen-ended. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpembelajaran TGT denganmasalahopen-ended yang dapatmeningkatkanberpikirkritissiswakelas VIID SMPN 2 Kualasimpang. PenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK).Prosedurdalampenelitianinimemilikiempattahapanyaituperencanaan tindakan observasidanrefleksi yang dilaksanakandalambentuksiklusberulang.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIID SMPN 2 Kualasimpang yang berjumlah 21siswa. Data yang dikumpulkanberupahasilobservasiaktivitas guru dansiswasertahasilteskemampuanberpikirkritissiswadalammenyelesaikanmasalahopen-ended yang berkaitandenganluasdaerahdankelilingsegiempatdansegitiga. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaran TGT denganmasalahopen-endedmeliputiaktivitas (1) presentasi di kelas pemaparankonsepluasdaerahdankelilingsegiempatdansegitiga (2) mengorganisirsiswadalamkelompok (3) game (4) turnamen (5) rekognisitimdan (6) tesindividu. Indikatorberpikirkritis yang diukurmeliputi (1) menyajikanalternatifpenyelesaian yang beragam (2) memaparkanargumen (3) mengevaluasipernyataan/argumendan (4) membuatkesimpulan.Skorobservasiaktivitas guru dansiswaberadapadapadakriteriabaik. Tingkat berpikirkritismeningkatdariSiklus I keSiklusII padaindikatormenyajikanalternatifpenyelesaian yang beragamsebesar 4 2%. Peningkatanindikatormemaparkanargumensebesar 12 5%. Peningkatanpadaindikatormengevaluasipernyataan/argumensebesar 5 4% danpadaindikatormembuatkesimpulansebesar 17 5%. Persentasepeningkatanberpikirkritissiswakelas VIID SMPN 2 Kualasimpangsiklus I sebesar 30% dansiklus II sebesar 75 %.Olehkarenaitu pembelajaran TGT denganmasalah open-endeddapatdigunakandalammelaksanakanpembelajaranmatematikauntukmeningkatkanberpikirkritissiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110733

Actions (login required)

View Item View Item