Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas IX SMP Shalahuddin Malang / Gutomo Wibi Ananggih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas IX SMP Shalahuddin Malang / Gutomo Wibi Ananggih

Ananggih, Gutomo Wibi (2016) Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas IX SMP Shalahuddin Malang / Gutomo Wibi Ananggih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibi Ananggih Gutomo. 2016. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas IX SMP Shalahuddin Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Masalah Pembelajaran Pemahaman Berdasarkan wawancara didapatkan bahwa siswa tidak dapat menjelaskan kembali tentang materi yang baru diajarkan dan tidak dapat memberikan contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa belum memiliki kemampuan yang menjadi indikator pemahaman. Selain itu guru sering menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tetapi dalam pelaksanaannya pembelajaran cenderung terpusat pada guru. Dengan demikian fakta menunjukkan terdapat permasalahan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IX SMP Shalahuddin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas untuk menangulangi masalah pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti adalah instrumen utama. Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi tindakan yang dilakukan guru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan rekaman hasil pekerjaan LKS dan tes serta lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data data teori dan metodologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang telah meningkatkan pemahaman matematika siswa terdiri dari lima tahapan yaitu a) Membaca masalah adalah masing-masing kelompok membaca dan berdiskusi untuk memahami masalah SPLDV yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari b) Mendefinisikan masalah adalah setiap kelompok menuliskan informasi dalam masalah dan target solusi yang akan dicari dengan bahasa sendiri c) Menemukan ide Pengilhaman adalah kelompok diminta untuk menemukan pola dengan cara mengisi tabel pada LKS kemudian pola yang telah ditemukan digunakan untuk menentukan model SPLDV dari masalah d) Memecahkan masalah adalah setiap kelompok menggunakan model SPLDV yang telah didapatkan untuk mendapatkan penyelesaian dengan menggunakan metode grafik subtitusi atau eliminasi e) Menyampaikan hasil belajar adalah setiap kelompok ditunjuk perwakilan untuk menyampaikan hasil pengerjaan yang dimiliki dari diskusi masing-masing kelompok. Perwakilan kelompok tidak menyampaikan secara keseluruhan hasil diskusi melainkan hanya poin-poin hasil diskusi sesuai yang diperintah guru. Peningkatkan pemahaman matematika siswa yang ditunjukkan dengan siswa memiliki kemampuan sesuai dengan tujuh indikator pemahaman yaitu a) Menginterpretasi b) Mencontohkan c) Mengelompokkan d) Merangkum e) Menginferensi f) Membandingkan g) Menjelaskan. Setiap indikator diskor kemudian skor diakumulasikan menjadi skor akhir siklus. Dihasilkan 83% dari seluruh siswa yaitu 29 dari 35 jumlah siswa kelas telah memiliki skor lebih dari sama dengan 75. Bahkan terdapat dua siswa yang mendapat skor 100.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110723

Actions (login required)

View Item View Item