Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle 7E pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa / Natalia Rosalina Rawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle 7E pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa / Natalia Rosalina Rawa

Rawa, Natalia Rosalina (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle 7E pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa / Natalia Rosalina Rawa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rawa Natalia Rosalina. 2016.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Tesis.Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (2) Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci perangkat pembelajaran learning cycle 7E trigonometri koneksi matematis Kurikulum matematika pada hakikatnya menekankan pada dimensi pedagogik modern salah satunya koneksi matematis. Guru diharapkan dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung siswa untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematisnya. Kenyataannya dalam menyusun RPP guru jarang menekankan pada aspek koneksi matematis dan masih kesulitan dalam menerapkan pendekatan tertentu. Selain itu guru jarang mengembangkan LKS sesuai pendekatan yang digunakan. Hal ini menyebabkan pembelajaran matematika kurang memfokuskan pada kemampuan koneksi matematis siswa. Padahal koneksi matematis sangat penting dalam membangun pengetahuan dan keterampilan siswa. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran pada materi trigonometri untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi trigonometri berbasis model learning cycle 7E yang valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dalam penelitian terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dirancang dengan tujuh tahap pembelajaran yaitu elicit engage explore explain elaborate extend dan evaluate. Metode penelitian pengembangan ini mengacu pada model Plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu (1) pleminary research (2) prototyping phase dan (3) assessment phase. Kualitas perangkat pembelajaran didasarkan pada uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang validator ahli yaitu dosen matematika dan satu orang validator praktisi yaitu guru matematika SMA. Uji kepraktisan RPP dilakukan dengan memberikan angket respon terhadap praktisi dan didukung oleh hasil observasi oleh observer. Uji kepraktisan LKS dilakukan dengan memberikan angket respon terhadap siswa. Sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan memberikan tes kemampuan koneksi matematis kepada siswa subjek uji coba di lapangan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP adalah 3 54 skor kevalidan LKS adalah 3 44 skor kevalidan instrumen penelitian adalah 3 66 (2) skor kepraktisan RPP 3 53 dan skor kepraktisan LKS 3 21 (3) kemampuan koneksi matematis siswa pada aspek koneksi antar konsep atau prosedur dalam materi yang sama mengalami peningkatan dari 66 menjadi 81 dengan kategori tinggi kemampuan koneksi matematis siswa pada aspek koneksi antar konsep atau prosedur dalam materi matematika yang berbeda mengalami peningkatan dari 49 5 menjadi 77 9 dengan kategori tinggi dan kemampuan koneksi matematis siswa pada aspek koneksi antar konsep atau prosedur dalam konteks kehidupan sehari mengalami peningkatan dari 55 8 menjadi 77 4 dengan kategori tinggi. Kemampuan koneksi matematis siswa secara klasikal meningkat dari 57 1 nilai 78 8 dengan kategori tinggi. Dengan demikian perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle 7E pada materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X dinyatakan valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran berbasis learning cycle 7e ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk siswa SMA namun masih terbatas pada materi perbandingan trigonometri sehingga pengembangan selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan pada materi matematika lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110719

Actions (login required)

View Item View Item