Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan konstruktivis tipe Gagnon dan Collay pada materi statistika / Rani Puspita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan konstruktivis tipe Gagnon dan Collay pada materi statistika / Rani Puspita Rahayu

Rahayu, Rani Puspita (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan konstruktivis tipe Gagnon dan Collay pada materi statistika / Rani Puspita Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Rani. Puspita. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Konstruktivis Tipe Gagnon dan Collay Pada Materi Statistika. Tesis. Program Studi Pendidkan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta M.Si. (2) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kostruktivis tipe Gagnon dan Collay Statistika. Pengembangan kemampuan membangun suatu pengetahuan dapat dilakukan dalam proses pembelajaran dengan cara menyajikan materi tidak dalam bentuk jadi. Harus ada aktivitas siswa dalam mengaitkan pengalaman baru dengan pengalaman yang sudah ada dikerangka berfikirnya. Dengan demikian tugas utama seorang guru adalah memfasilitasi siswa agar dapat membangun sendiri pengetahuan tersebut. Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme menjadi alternatif pembelajaran dimana pengetahuan dibangun secara aktif oleh individu. Pembelajaran dengan konstruktivis Tipe Gagnon dan Collay dipilih karena secara teoritis maupun empiris mampu membantu siswa dalam membangun pengetahuannya. Plomp (2010) dipilih sebagai model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal pembuatan prototipe dan penilaian. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) bercirikan konstruktivis tipe Gagnon dan Collay. Instrumen penelitian yang dikembangkan untuk menilai kualitas dari perangkat pembelajaran antara lain (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas siswa (3) angket respon siswa (4) tes penguasaan bahan ajar (TPBA) dan (5) lembar validasi. Perangkat pembelajaran yang disusun harus memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Kevalidan produk dinilai berdasarkan hasil validasi sedangkan kepraktisan dan keefektifan produk dinilai dari hasil uji coba. Hasil validasi dari dua validator menunjukkan bahwa perangkat dan instrumen memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji coba lapangan pada 32 siswa kelas VII I SMPN 2 Malang aktivitas guru masuk kategori baik sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi tiga indikator efektifitas yaitu aktivitas siswa masuk kategori baik ketuntasan belajar klasikal tercapai dan respon siswa positif. Dalam hal ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif. Penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan untuk setiap elemen konstruktivis tipe Gagnon dan Collay keaktifan siswa di kelas pemahaman materi terutama pada materi statistika dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110718

Actions (login required)

View Item View Item