Pengembangan bahan ajar bercirikan pembelajaran kontekstual untuk memahamkan masalah keliling dan luas segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VII / Ayu Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bercirikan pembelajaran kontekstual untuk memahamkan masalah keliling dan luas segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VII / Ayu Rahayu

Rahayu, Ayu (2016) Pengembangan bahan ajar bercirikan pembelajaran kontekstual untuk memahamkan masalah keliling dan luas segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VII / Ayu Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Ayu. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Pembelajaran Kontekstual untuk Memahamkan Masalah Keliling dan Luas Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VII. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan bahan ajar LKS Pembelajaran Kontekstual Segiempat Segitiga. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berpengaruh terhadap hasil belajar yang diraihnya. Namun soal seperti itu sering menimbulkan kesulitan bagi banyak siswa karena proses solusi yang bersifat kompleks. Begitupun kondisi nyata siswa kelas VII di SMP Ar-Rohmah Malang yang menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami kalimat-kalimat dalam soal dan sulit menerjemahkan bahasa soal ke dalam persamaan numerik serta dalam proses perhitungan ditemukan adanya kesalahan. Di sisi lain guru melaksanakan pembelajaran hanya menggunakan bahan ajar yang bersumber pada buku-buku ajar cetakan penerbit dan tidak mengembangkan bahan ajar seperti LKS guna membantu siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu metode ajar yang digunakan adalah metode ceramah. Oleh karena itu maka pengembang melakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan bahan ajar yaitu LKS matematika bercirikan pembelajaran kontekstual yang dapat membantu siswa untuk memahami soal yang berbentuk aplikatif/ masalah penerapan pada materi keliling dan luas segiempat dan segitiga. Model pengembangan yang digunakan dalam proses pengembangan LKS ini adalah model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tiga fase/ tahap yaitu Prelimininary research (penelitian awal) Prototyping phase (tahap prototipe) dan Assesment phase (tahap penilaian). LKS yang telah dikembangkan selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli dan praktisi. Data yang diperoleh berupa saran dan komentar dijadikan landasan untuk memperbaiki LKS sedangkan data berupa skor dianalisis untuk mengetahui kriteria kevalidan LKS. Selanjutnya untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKS dilakukan uji coba lapangan. Skor rata-rata total hasil validasi sebesar 2 8 yang berarti LKS masuk dalam kriteria valid. Untuk kriteria kepraktisan LKS penilaian dilakukan dengan mengamati aktivitas pembelajaran serta respon siswa dan guru terhadap LKS. Perolehan persentase rata-rata pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa sebesar 91 67 %. Berdasarkan panduan kriteria kepraktisan LKS yang telah dikembangkan berada dalam kriteria praktis. Untuk kriteria keefektifan LKS dilihat dari capaian tes hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar deperoleh 70 37 % siswa memenuhi nilai ketuntasan minimal. Berdasarkan data validasi uji kepraktisan dan keefektifan melalui uji coba lapangan dapat dikatakan bahwa LKS bercirikan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan masuk dalam kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110715

Actions (login required)

View Item View Item