Hambatan berpikir matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan langkah Polya beserta pemberian scaffolding / Khusnil Khatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hambatan berpikir matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan langkah Polya beserta pemberian scaffolding / Khusnil Khatimah

Khatimah, Khusnil (2016) Hambatan berpikir matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan langkah Polya beserta pemberian scaffolding / Khusnil Khatimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khatimah Khusnil. 2016. HambatanBerpikirMatematisSiswa SMP dalamMemecahkanMasalahAljabarBerdasarkanLangkahPolyaBesertaPemberian Scaffolding. Tesis. Program StudiPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci hambatan berpikir matematis aljabar Polya scaffolding Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan berpikirmatematissiswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan langkah Polya yaitu memahami masalah (understanding the problem) merencanakan penyelesaian (devising a plan) melaksanakan rencana penyelesaian (carrying out the plan) dan memeriksa kembali (looking back).Selain itu mendeskripsikan bentuk scaffolding yang diberikan untuk mengatasi hambatan berpikir matematisyang dialami siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan data yang diperoleh berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek.Subjekdalam penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa yang berkemampuan tinggi 2 siswa yang berkemampuan sedang dan 2 siswa yang berkemampuan rendah. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil lembar pekerjaan siswa hasil rekaman gambar dan hasil rekaman suara pada saat melakukan wawancara dan selama pemberian scaffolding. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang terjadi pada saat memahami masalah ditunjukkan melalui kesalahandalam menuliskan kelengkapan informasi dan kesalahandalam menghubungkan informasi. Ketika merencanakan penyelesaian ditunjukkan melalui kesalahan dalam menentukan strategi dan kesalahan dalam menghubungkan dengan konsep persamaan linear dua variabel.Ketika melaksanakan rencana penyelesaian masalah ditunjukkan melalui kesalahan dalam menuliskan jawaban yang sesuai dengan konsep persamaan linear dua variabel ketika melakukan penghitungan kesalahandalammenggunakanstrategi dankesalahandalammenuliskaninformasi. Pada saat memeriksa kembali prosedurdanhasilpenyelesaianyang ditunjukkan melalui kesalahandalampenghitunganataukesalahandalammenentukanhasilakhir.Untuk mengatasi hambatan yang terjadi maka diberikan scaffolding berdasarkan scaffolding oleh Julia Anghileri yaitu (1) environmental provisions (2) explaining (3) reviewing (4) restructuring dan (5) developing conceptual thinking.Scaffolding yang diberikan untuk mengatasi hambatan berpikir matematisketika memahami masalah yaitu siswa diminta untukmembacakembalipermasalahan yang ada mengajukanpertanyaan agar dapatmemahami apa yang diketahui dan ditanyakan oleh soalsehinggasiswadapatmenuliskankelengkapaninformasi mengajukanpertanyaan agar siswadapatmenemukan ide awalketikamemahamipermasalahan. Ketika merencanakan penyelesaiandiberikanscaffoldingyaitumengajukanpertanyaanarahan agar siswadapatmenemukanstrategi yang sesuaidengansoaldanmemberikanpertanyaanarahanagar siswadapatmengaitkankonsepdenganpermasalahan yang diberikan. Ketikamelaksanakanrencanapenyelesaiandiberikanscaffoldingyaitumenuntunsiswa agar mengingatkembalikonsep yang sudahdipelajarisebelumnyadanmenuntunsiswa agar dapatmenyelesaikansesuaidengankonsep yang terkaitdenganpermasalahan.Ketikamemeriksakembaliprosedurdanhasildiberikanscaffoldingyaitumemintasiswamembandingkandenganjawabanpadasoal-soalsebelumnya memintasiswauntukdapatmenyimpulkanjawaban yang didapat memintasiswauntukmemeriksakembaliprosedur yang telahdikerjakan danmemintasiswauntukmelihatkembaliapakahprosedur yang telahdilakukansudahkonsistenataubelum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110709

Actions (login required)

View Item View Item