Lusbiantoro, Rendi (2016) Performa kemampuan spasial siswa pada konsep jarak dan proyeksi / Rendi Lusbiantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lusbiantoro Rendi. 2016. Performa Kemampuan Spasial Siswa padaKonsepJarakdanProyeksi.Tesis.JurusanPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Sri Mulyati M.Pd (2) Dr. Abadyo M.Si. Kata kunci performa kemampuanspasial geometri spasial National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) menetapkangeometrisebagaisatudarilimastandarisi yang diterapkan di sekolah-sekolah.Namunbelajargeometritidaklahmudah.Beberapa faktor telahteridentifikasisebagaipenyebabkesulitandalambelajargeometri salahsatunyaadalahkecerdasanvisualisasispasial. Kemampuanspasialmerupakankecerdasanataukemampuanseseorangterkaitaktivitas mental yang berhubungandengankeruangan(space) dalammemanipulasiinformasidanmengubah-ulangbentuk. Olehkarenaitu dengan mengetahuitingkatkemampuanspasialsiswaakansangatmembantu guru untukmenentukanperlakuan (treatment) yang sesuaiuntuksiswa. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanperfoma kemampuan spasial siswa pada materi jarak dan proyeksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data utama yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjekpenelitianadalah 36 siswakelasX RPL 4 SMK Telkom Malang.Semua siswa dalam penelitian ini diberikan teskemampuanspasialterlebihdahulukemudian tiga soal tentang masalah jarak dan proyeksi.Subjek wawancara sebanyak 8 orang siswa yang terdiri atas 4 siswa yang berkategori berkemampuan spasial baik dan 4 siswa yang berkategori berkemampuan spasial kurang.Semua data yang dikumpulselanjutnyadianalisis. Dari hasil penelitian ini diperoleh empat kategori yaitu kategori siswa berkemampuan spasial tinggi dan jawaban benar siswa berkemampuan spasial tinggi dan jawaban salah siswa berkemampuan spasial rendahdan jawaban benar dan siswa berkemampuan spasial rendah dan jawaban salah. Siswa kategori 1 melakukan tiap tahapan performa dengan baik kesalahan yang dilakukan adalah kecerobohan. Siswa kategori 2 melakukan kesalahan disebabkan karena pemahaman terhadap materi. Siswa kategori 3 melakukan kesalahan yang diakibatkan oleh pemahaman materi dan kemampuan spasial. Siswa kategori 4 melakukan kesalahan yang disebabkan oleh pemahaman materi kemampuan spasial dan kecerobohan. Kemampuan spasial berpengaruh pada performa siswa yaitu membantu siswa dalam memahami bentuk dan bangun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |