Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas IX / Dwi Hidayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas IX / Dwi Hidayanti

Hidayanti, Dwi (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas IX / Dwi Hidayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayanti Dwi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. A.R. As ari M.Pd M.A (2) Drs. Tjang Daniel C M.Si Ph.D Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pemecahan Masalah Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang memiliki kriteria valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pemecahan masalah. Pemecahan masalah dipilih karena menurut beberapa teori dan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu (1) pentingnya berpikir kritis pada era globalisasi untuk menyaring informasi (2) pentingnya berpikir kritis dimiliki oleh siswa untuk bekal ketika terjun di masyarakat (3) rendahnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa (4) kurangnya latihan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis (5) tidak tersedianya RPP dan LKS yang dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan tahap pembuatan prototip dan tahap asesmen. Dalam penelitian ini juga digunakan instrumen penelitian yang valid diantaranya adalah lembar validasi RPP lembar validasi LKS angket respon praktisi angket respon siswa lembar observasi keterlaksanaan RPP tes 1 kemampuan berpikir kritis rubrik penilaian tes 1 kemampuan berpikir kritis tes 2 kemampuan berpikir kritis rubrik penilaian tes 2 kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di MTs Surya Buana dan di SMPN 2 Malang. Dari hasil uji kevalidan kepraktisan dan keefektifan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Skor kevalidan yang diperoleh sebesar 3 86 yang berarti valid. Skor kepraktisan yang diperoleh sebesar 3 32 yang berarti memiliki kriteria kepraktisan yang tinggi. Sedangkan keefektifannya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 74%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110706

Actions (login required)

View Item View Item