Penalaran analogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri / Siti Nurul Azimi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran analogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri / Siti Nurul Azimi

Azimi, Siti Nurul (2016) Penalaran analogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri / Siti Nurul Azimi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azimi Siti Nurul. 2016.Penalaran Analogi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Abadyo M.Si. Kata kunci Penalaran Analogi Menyelesaikan Masalah Geometri Pada pembelajaran matematika penalaran analogi sangat penting bagi siswa. Penalaran analogi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan masalah analogi juga dapat meningkatkan pengetahuan konseptual matematika siswa. Selain itu jika siswa melakukan penalaran analogi siswa dapat mempelajari matematika lebih mendalam dan konsep matematika dapat tersimpan dalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII SMPN 2 Malang. Pemilihan subjek berdasarkan kemampuan matematika subjek yang terdiri dari subjek kategori tinggi sedang dan rendah. Kemampuan matematika subjek dilihat dari nilai raport matematika semester sebelumnya dan berdasarkan rekomendasi dari guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes penalaran analogi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa subjek kategori tinggi mampu melakukan setiap komponen penalaran analogi dengan baik yaitu pada komponen pengodean (encoding) subjek mampu mengidentifikasi struktur dari masalah sumber dan masalah target dengan menuliskan kata-kata kunci dari masalah yang diberikan dan menyatakan semua fakta yang diketahui dan yang ditanyakan dalam simbol maupun kalimat. Pada komponen penyimpulan (inferring) subjek mampu menemukan hubungan yang ada pada masalah sumber dengan langkah-langkah penyelesaian yang sangat baik dan konsep yang benar. Pada komponen pemetaan (mapping) subjek mampu mengaitkan hubungan antara struktur masalah sumber dan masalah target dengan menemukan hubungan yang identik antara masalah sumber dan masalah target. Pada komponen penerapan (applying) subjek mampu menerapkan masalah target dengan menggunakan konsep penyelesaian masalah sumber dengan benar meskipun terdapat sedikit kekeliruan dalam menyelesaikan masalah target.Subjek kategori sedang cenderung mengalami hambatan penalaran analogi pada komponen pemetaan (mapping) dan penerapan (applying). Subjek kategori rendah mengalami hambatan pada semua komponen penalaran analogi baik pada pengodean (encoding) penyimpulan (inferring) pemetaan (mapping) maupun penerapan (applying).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110703

Actions (login required)

View Item View Item