Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret kelas X / Izzatul Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret kelas X / Izzatul Ulya

Ulya, Izzatul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret kelas X / Izzatul Ulya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulya Izzatul. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Kelas X. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Si. (II) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata kunci penemuan terbimbing kemampuan penalaran matematis barisan dan deret Penalaran merupakan komponen utama dalam matematika. Dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa memerlukan pembelajaran yang mampu membuat siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya. Namun pada kenyatannya kemampuan penalaran matematis masih belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret. Adapun perangkat yang akan dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret kelas X yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) preliminary research (penelitian awal) (2) prototyping phase (tahap pengembangan) dan (3) assessment phase (tahap asesmen). Uji kevalidan dilakukan dengan validasi yang dilakukan kepada 2 validator ahli dan 1 validator praktisi. Berdasarkan analisis kevalidan produk diperoleh hasil bahwa RPP dan LKS memenuhi kriteria valid dengan beberapa saran dan komentar dari validator untuk perbaikan produk. Selanjutnya dilakukan uji coba kecil yang dilakukan kepada 4 siswa dan uji coba lapangan dilakukan kepada 32 siswa kelas X SMAN 2 Batu. Berdasarkan analisis kepraktisan produk diperoleh hasil bahwa observasi aktivitas guru dalam keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik observasi aktivitas siswa dalam keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik angket respon guru memenuhi kriteria baik dan angket respon siswa memenuhi kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Selanjutnya berdasarkan analisis keefektifan produk diperoleh hasil bahwa banyaknya siswa yang mendapat nilai minimal 75 meningkat sebanyak 25 lima anak pada tes akhir dan keterpenuhan setiap indikator meningkat pada tes akhir. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Jadi produk yang dikembangkan dapat digunakan sebaga alternatif perangkat pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret karena memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110695

Actions (login required)

View Item View Item