Nur, Muhammad (2016) Pembelajaran realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII/A SMP Negeri 1 Tiloan / Muhammad Nur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nur Muhammad. 2016. PembelajaranRealistikuntukMeningkatkanPemahamanKonsepMatematikaSiswaKelas VIII/A SMP Negeri 1 Tiloan.Tesis Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. IpungYuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. HerySusanto M.Si. Kata Kunci pembelajaranmatematikarealistik(PMR) pemahaman SPLDV. Pemahamankonsepmerupakansalahsatutujuandalammempelajarimatematika sehinggasiswadapatmemilikikemampuanmemahamimasalah membuat model matematika menyelesaikanhinggamenafsirkanjawabandarimasalah yang diberikan.Upayayang dilakukandengan proses menemukankembalimelaluibimbingan guru yang berperansebagaifasilitatordansiswasebagaipembelajaraktifpada SMPNegeri1 Tiloanmasihdikesampingkanoleh guru. Pembelajarankonvensional yang syaratdengan transfer pengetahuanmengakibatkansiswamenjadipembelajar yang pasif. Keadaaninitidakselarasdenganhakikatpembelajaranmatematika yangmenempatkanmatematikasebagaibentukaktivitasmanusiasehinggasiswaaktifbelajar.Berdasarkanpermasalahantersebutperluditerapkansuatupembelajaranmelaluipenerapanpembelajaranmatematikarealistik (PMR). Pendekatan PMR berorientasipadamatematisasipengalamansehari-haridenganmenggunakanbenda-bendanyataatau yang dapatdibayangkanolehsiswa.Pemanfaaatanrealitasdanlingkungandapatmemperlancar proses pembelajaranmatematikasehinggatujuanpembelajaranmatematikadapattercapai. Denganmenyajikanmasalahkontekstual siswaakanlebihmudahmemahami menyelesaikandanmenemukansolusimelaluiberbagaicaradanstrateginyasendiri sehinggamampumeningkatkanpemahamankonsepmatematikasiswa . PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikansuatupembelajaranmelaluiPMR yang mampumeningkatkanpemahamankonsepmatematikasiswapadamaterisistempersamaan linear duavariabel (SPLDV).Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas (PTK) yang dilaksanakanpada SMPNegeri1 Tiloankelas VIII/A denganjumlahsiswasebanyak 30 orang.Tindakanpadapenelitianiniterlaksanadalamduasiklus dengansetiapsiklusnyameliputiempattahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. Kegiatandenganpendekatan PMR melaluiempatlangkahyakni (1) memahamimasalahkontekstual (2) menyeleaikanmasalahkontekstual (3) membandingkandanmendiskusikanjawaban (4) menyimpulkan. Denganmenerapkan PMR padakegiatanpembelajaranternyatapemahamankonsepmatematikasiswapadamateri SPLDV meningkat.Peningkatanpemahamankonseptersebutdapatdilihatdariketuntasanklasikalhasiltesdiakhirsiklus I sebesar 76.67% sementaraketuntasanklasikalhasiltesdiakhirsiklus II menjadi 86 67% darikategoribaikmenjadikategorisangatbaik. Sementarahasilwawancaramemperlihatkanresponpositifbahwasiswa yang belajardengan PMR pemahamanmatematikasiswameningkat.Hal inimenunjukkanbahwapembelajarandenganpendekatan PMR efektifuntukmeningkatkanpemahamanmatematikasiswapadamateri SPLDV.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110689 |
Actions (login required)
View Item |