Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan strategi generatif dengan pembelajaran PMII pada siswa kelas VIII SMPN 2 Malang / Wimelia Citra Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan strategi generatif dengan pembelajaran PMII pada siswa kelas VIII SMPN 2 Malang / Wimelia Citra Rahmadani

Rahmadani, Wimelia Citra (2016) Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan strategi generatif dengan pembelajaran PMII pada siswa kelas VIII SMPN 2 Malang / Wimelia Citra Rahmadani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadani Wimelia Citra. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Bercirikan Strategi Generatif dengan Pembelajaran PMII pada Siswa kelas VIII SMPN 2 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (2) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci Pengembangan LKS Strtategi Generatif Pembelajaran PMII Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS yang bercirikan strategi Generatif dengan pembelajaran PMII bagi siswa kelas VIII di SMPN 2 Malang yang valid menarik dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan tiga tahap pertama sedangkan tahap penyebaran tidak dilakukan karena hasil pengembangan tidak disebarluaskan melainkan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Malang tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 32 orang. Untuk menilai kualitas LKS dikembangkan juga rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) dan instrumen penelitian yang berupa angket respon siswa dan tes penguasaan hasil belajar. Setiap topik pada LKS terdiri dari 5 kegiatan yaitu (1) pendahuluan (2) pemfokusan (3) tantangan (4) penerapan dan (5) penilaian tutor dan tutee. Dengan kegiatan tersebut diharapkan siswa lebih mandiri dalam belajar dan mampu mengkonstruksi pemahaman matematika secara mandiri Hasil uji validasi oleh dua orang ahli/praktisi disimpulkan bahwa LKS RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria kevalidan. Sedangkan untuk menentukan kemenarikan dan keefektifan LKS dilakukan uji coba. Kemenarikan LKS diperoleh dari angket respon siswa dan hasil wawancara dengan guru. Keefektifan LKS dilihat dari tingkat ketuntasan kelas yang diperoleh dari nilai latihan dan nilai tes akhir. Berdasarkan uji kemenarikan dan uji keefektifan disimpulkan bahwa LKS memenuhi kriteria kemenarikan dan keefektifan. Dengan demikian dapat disimpulkan LKS yang dikembangkan valid menarik dan efektif Saran pembelajaran menggunakan LKS ini antara lain (1) perbanyak waktu pada tahap pemfokusan dan tahap tantangan (2) pengelompokkan siswa juga harus memperhatikan kesenangan dan kecocokan siswa satu sama lain dan (3) ketersediaan miniatur bangun ruang sangat diperlukan untuk kelancaran pengerjaan LKS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110687

Actions (login required)

View Item View Item