Penerapan pembelajaran pendekatan RME untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban pada materi pecahan / Hamlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran pendekatan RME untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban pada materi pecahan / Hamlina

Hamlina (2016) Penerapan pembelajaran pendekatan RME untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban pada materi pecahan / Hamlina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamlina. 2016. Penerapan Pembelajaran Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tamban Pada Materi Pecahan. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. Sudirman M. Si Kata Kunci pendekatan RME penalaran matematis pecahan. Kemampuan bernalar dan berfikir logis merupakan salah satu kemampuan yang dapat dikembangkan melalui belajar matematika. Penalaran matematis harus menjadi bagian yang konsisten dari pengalaman matematika siswa di dalam semua konten dan jenjang pendidikan. Tetapi kenyataannya penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban pada materi pecahan masih rendah. Permasalahan ini diduga disebabkan oleh kebiasaan belajar siswa dengan menghafal dan menerapkan rumus-rumus. Guru jarang memberikan masalah-masalah realistik yang memungkinkan siswa mengeksplorasi strategi penyelesaian masalah yang dikembangkan sendiri oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya perbaikan dalam pendekatan pembelajaran yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran pendekatan RME yang dapat meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi pecahan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban yang berjumlah 25 orang. Prosedur penelitian mengacu pada rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi/evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa tes pada setiap akhir siklus pembelajaran dan wawancara. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan RPP yang telah dirancang berdasarkan langkah-langkah dalam pembelajaran pendekatan RME. Langkah-langkah pembelajaran tersebut adalah (1) memahami masalah kontekstual (2) menyelesaikan masaah kontekstual (3) mendiskusikan selesaian masalah dan (4) membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa pada materi pecahan dapat meningkat dengan penerapan pembelajaran pendekatan RME. Pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru mencapai 92% hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik dan sangat baik sebesar 52%. Pada siklus 2 hasil observasi aktivitas guru mencapai 94% hasil observasi aktivitas siswa mencapai 90% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik dan sangat baik mencapai 80%. Hasil wawancara juga menunjukkan respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan RME.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110684

Actions (login required)

View Item View Item