Muyassaroh, Hikmatul Faizah (2016) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tipe kepribadian / Hikmatul Faizah Muyassaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muyassaroh Hikmatul Faizah. 2016. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S.M.Sc (II) Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci proses berpikir soal cerita tipe kepribadian. Dalam menghadapi suatu masalah setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda. Salah satu bentuk masalah dalam matematika adalah soal cerita. Soal cerita merupakan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Soal cerita penting dalam pembelajaran matematika tetapi banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu hal yang mempengaruhi proses berpikir siswa adalah tipe kepribadian. Pada penelitian ini peneliti mengaitkan antara tipe kepribadian oleh Keirsey dan teori berpikir asimilasi dan akomodasi oleh Piaget. Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe kepribadian artisan guardian idealist dan rational dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH SMPN 20 Malang yaitu 2 siswa pada masing-masing tipe kepribadian yang ada. Penentuan tipe kepribadian tersebut berdasarkan hasil angket Keirsey Temperament Shorter (KTS). Selanjutnya peneliti memberikan tes soal cerita dan melakukan wawancara berbasis tugas pada subjek terpilih. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa proses berpikir siswa yang memiliki tipe kepribadian artisandalam menyelesaikan soal cerita diawali dengan terjadinya asimilasi saat memahami masalah.Selanjutnya akomodasi saat menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana. Proses terhenti karena siswa tidak melakukan pemeriksaan kembali hasil yang diperoleh. Proses berpikir siswa yang memiliki tipe kepribadian guardian dalam menyelesaikan soal cerita diawali dengan terjadinya asimilasi saat memahami masalah.Selanjutnya terjadi asimilasi atau akomodasi pada tahap menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana.Pada masalah yang dianggap mudah siswa melakukan pemeriksaan kembali.Sedangkan soal yang lebih sulit proses terhenti saat menyelesaikan masalah. Proses berpikir siswa yang memiliki tipe kepribadian idealist dalam menyelesaikan soal cerita yaitu terjadinya asimilasi saat memahami masalah menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana. Proses terhenti karena siswa tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil yang diperoleh. Proses berpikir siswa yang memiliki tipe kepribadian rational dalam menyelesaikan soal cerita diawali dengan terjadinya asimilasi saat memahami masalah.Selanjutnya terjadi asimilasi atau akomodasi saat menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana. Proses terhenti karena siswa tidak melakukan pemeriksaan kembali hasil yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110683 |
Actions (login required)
View Item |