Umardiyah, Fitri (2016) Komunikasi matematis siswa homeschooling berkepribadian introvert pada materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan / Fitri Umardiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Umardiyah Fitri. 2016. Komunikasi Matematis Siswa Homeschooling Berkepribadian Introvert pada Materi OperasiIrisan dan Gabungan Dua Himpunan. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Drs. Dwiyana M.Pd Ph.D. Kata Kunci komunikasi matematis homeschooling introvert materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan Komunikasi matematis merupakanhal yang sangateratkaitannya dengan kepribadian karena kepribadian mempengaruhi cara orang berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa Homeschooling berkepribadian introvert pada materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan. Pada materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan komunikasi matematis mencakup tiga indikator yaitu 1) menyatakan irisan dan gabungan menggunakan bahasa atau diagram atau simbol matematika 2) menyatakan peritiwa sehari-hari yang berhubungan dengan irisan dan gabungan dua himpunan menggunakan bahasa atau diagram atau simbol matematika 3) memberikan alasan dari jawaban yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalamhalini penelitisebagaiinstrumenutama.Subjek yang ditelitiadalahsiswaHomeschooling kelas VII yang berkepribadianintrovert. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kepribadian observasi tes tulis dan wawancara.Dalampenelitianini triangulasimetodedansumberditerapkanuntukmengecekkeabsahan data.Berdasarkan hasil pemilihan subjek menggunakan tes kepribadian terpilih lima siswa introvert. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswamengungkapkan ide tentangkonsepirisandangabunganduahimpunanmenggunakansimbol/lambangmatematikaberupa Diagram Venn dannotasipembentukhimpunan.Siswamenyatakanperistiwasehari-hari yang berhubungandenganirisandangabunganhimpunanmelalui diagram Venn. Siswamengevaluasijawabandenganmemberialasanterhadapjawaban yang dibuat. Siswahomeschooling berkepribadianintrovert lebihbanyakmengemukakanidenyamelaluitulisan. Siswabutuhpancinganterusmenerus agar bersediamengungkapkan ide secaralisan.Hal inidipengaruhiolehkepribadianintorvert yang merekamiliki.Individubertipeintrovertmembutuhkanwaktu yang lama untukdapatmengemukakanpemikirannyakepada orang lain. Siswadapatmenggambar diagram Venn danmembuatnotasipembentukhimpunan namunkurangbisamenjelaskanmaksud diagram Venn secaralisandankuranglancardalammebacasimbolpadanotasipembentukhimpunan. Siswadapatmemberikanjawabandanalasantertulisnamunkurangbisamemberikanalasansecaralisanterhadapapa yang iajawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110682 |
Actions (login required)
View Item |