Struktur koneksi matematis siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier / Melinda Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur koneksi matematis siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier / Melinda Rismawati

Rismawati, Melinda (2016) Struktur koneksi matematis siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier / Melinda Rismawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rismawati Melinda. 2016. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linier. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd ( II ) Dr. Hery Susanto M.Si Kunci Struktur Koneksi Matematis SPL Koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapatkan penekanan di setiap jenjang pendidikan karena dengan koneksi matematis pembelajaran akan bermakna dan optimal dalam pemikiran siswa. Menurut NCTM (2000) koneksi matematis adalah hubungan antar konsep dalam satu topik yang sama serta hubungan antar materi dalam topik tertentu dengan materi dalam topik lainnya dalam matematika. Penelitian ini mengkaji struktur koneksi matematis siswa dalam menyesleaikan soal sistem persamaan linier dengan memberikan lembar tugas individu dan melakukan wawancara kepada subyek. Struktur koneksi matematis dikaji dengan mengkaitkan dengan indikator koneksi matematis yaitu (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematis dan (2) memahami ide matematis yang saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu yang telah mempelajari materi sistem persamaan linier. Pengambilan data dilakukan dengan meminta 3 siswa mengerjakan lembar tugas individu dan melakukan wawancara kepada ketiga subyek penelitian. Subjek 1 (S1) adalah siswa berkemampuan matematis tinggi subjek 2 (S2) adalah subjek berkemampuan matematis sedang dan subjek 3 (S3) adalah subjek berkemampuan matematis rendah. Hasil penelitian menemukan bahwa struktur koneksi yang dimiliki S1 pada soal I dan II telah memenuhi indikator koneksi matematis yaitu (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematika dan (2) memahami ide matematis yang saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Struktur koneksi matematis S2 pada soal I memenuhi indikator koneksi yaitu (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematika dan (2) memahami ide matematis yang saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Untuk soal II struktur koneksi S2 memenuhi indikator koneksi yaitu mengenal ide-ide matematis. Struktur koneksi S3 dalam menentukan solusi SPL secara aljabar memenuhi indikator koneksi yaitu (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematika. Untuk soal II S3 memenuhi indikator koneksi mengenal ide-ide matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110677

Actions (login required)

View Item View Item