Pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele berbantuan Hands-On-Activity (HOA) untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalah garis dan sudut siswa / Ratna Titi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele berbantuan Hands-On-Activity (HOA) untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalah garis dan sudut siswa / Ratna Titi Wulandari

Wulandari, Ratna Titi (2016) Pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele berbantuan Hands-On-Activity (HOA) untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalah garis dan sudut siswa / Ratna Titi Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Ratna Titi. 2016. Pembelajaran Berdasarkan Teori van Hiele Berbantuan Hands-On Activity (HOA) untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Pemecahan Masalah Garis dan Sudut Siswa. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawijaya M.Ed Ph.D (II) Dr. Susiswo M.Si. KataKunci Teori Van Hiele HOA Pengetahuan Keterampilan Pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran seharusnya diperoleh siswa dengan maksimal. Ternyata pengetahuan dan keterampilan siswa SMP N 3 Grabag kabupaten Magelang selama beberapa tahun terakhir belum sesuai standar yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ujian akhir semester. Mempertimbangkan fakta tersebut perlu ada pembelajaran yang sesuai untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran berdasarkan teori van Hiele berbantuan HOA yaitu pembelajaran yang melalui level 0 level 1 dan level 2 dimana setiap levelada 5 tahap information guide orientation explicitation free orientation dan integration dan HOA digunakan dalam salah satu tahap tersebut. HOA menjembatani tingkat berfikir siswa dari kongkret menuju ke absrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran berdasarkan teori van Hiele berbantuan HOA yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 3 Grabag Kabupaten Magelang Jawa Tengah semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada materi garis dan sudut dengan subjek penelitian kelas VII E sebanyak 32 orang. Peneliti telah melakukan pembelajaran berdasarkan tahap-tahap padateori van Hiele berbantuan HOA. Pada tahap information peneliti memberikan pertanyaan prasyarat atau memberikan informasi baru yang diperlukan dalam pembelajaran. Pada tahap guide orientation peneliti mendesain dan membimbing agar siswa menemukan sendiri suatu konsep. Pada tahap explicitation penelitimembimbing agar siswa menyatakan kembali konsep yang telah dipelajari dengan bahasa sendiri agar siswa dapat berargumen informal.Pada tahap free orientation peneliti mengaktifkan setiap siswa agar dapat menemukan pengetahuan dan membangun keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks dengan langkah-langkah yang tepat yaitu memahami masalah merencanakan strategi penyelesaian masalah melaksanakan strategi penyelesaian mengecek hasil penyelesaian masalah. Tahap integration siswa menyimpulkan kembali suatu konsep yang telah ditemukan dengan bimbingan guru. Di level 0 dan 1 siswa belum bisa menghu-bungkan konsep-konsep yang telah ditemukan. Setelah peneliti melakukan seluruh kegiatan dalam tahap-tahap tersebutpada siklus I dan II siswa dapat menghubungkankonsep-konsep yang telah ditemukan. Hal ini menunjukkan siswa telah mencapai level 2.Pengetahuan dan keterampilan siswa meningkatdari level 0 sampai level 2. Berdasarkan hal tersebut maka pembelajaran berdasarkan teori van Hiele berbantuan HOA dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemecahanmasalahgaris dan sudut siswa kelas VII E SMP N 3 Grabag Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110676

Actions (login required)

View Item View Item