Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi peluang kelas XI SMA / Lela Nur Safrida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi peluang kelas XI SMA / Lela Nur Safrida

Safrida, Lela Nur (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi peluang kelas XI SMA / Lela Nur Safrida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safrida Lela Nur. 2016. PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisProblem Solving PolyauntukMeningkatkanKemampuanPenalaranMatematisSiswaMateriPeluangKelas XI SMA. Tesis. Program StudiPendidikanMatematika Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A. R. As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci problem solving polya kemampuanpenalaranmatematis peluang Penalaranmerupakanaspek fundamental dalammatematikasehinggamenjadisatukesatuan yang tidakterpisahkan.Selainitu penalaranmerupakandasarbagistandar proses lainnya. Olehkarenaitu kemampuanpenalaranmerupakankemampuan yang harusdimilikisiswa.Kemampuanpenalarandapatditingkatkanmelaluipembelajaran yang mampumengakomodasi proses berpikirdanbernalarsiswayaituproblem solving Polyasertapemberiantugastidakrutin yang diintegrasikandalam LKS. LKS yang adasaatinihanyaberisirangkumanmateridanlatihansoalsehinggabelummengakomodasiupayauntukmeningkatkankemampuanpenalaranmatematissiswa.Olehkarenaitu perludikembangkanperangkatpembelajaranberbasisproblem solving Polya yang mampumeningkatkankemampuanpenalaranmatematissiswapadamateripeluangberupa RPP dan LKS. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikan proses danhasilpengembanganperangkatberbasisproblem solvingPolyapadamateripeluangkelas XI SMA yang valid praktis danefektifdalammeningkatkankemampuanpenalaranmatematissiswa. Penelitianpengembanganinimenggunakan model pengembanganPlomp yang terdiridaritigatahapyaitu (1) preliminary research (penelitianawal) (2) prototyping phase (tahappengembangan) dan (3) assessment phase (tahapasesmen). Padatahappenelitianawal pengembangmenganalisiskemampuanpenalaranmatematissiswa menganalisisperangkatpembelajaran yang ada meninjauliteraturtentangpenalarandanpembelajaran yang mampumeningkatkankemampuanpenalaranmatematissiswa sertamengkajimateri.Padatahappengembangan pengembangmenyusun RPP LKS sertainstrumenpenilaian. Selanjutnyamemvalidasiprodukdaninstrumenpenilaian yang dilanjutkandenganujicoba I. Validasidilakukankepadadua validator ahlidan validator praktisi.Ujicoba I dilakukankepada 4 siswauntukmenilaikepraktisanproduk.Padatahapasesmen pengembangmelakukanujicoba II pada 30 siswakelas XI SMAN 2 Batuuntukmenilaikepraktisandankeefektifanproduk. Berdasarkananalisiskevalidanproduk yang dilakukan diperolehhasilbahwa (1) RPP mencapaiskor3.27 ataumemenuhikriteria valid dan (2) LKS mencapaiskor3.12 ataumemenuhikriteria valid. Berdasarkananalisiskepraktisanprodukpadaujicoba I diperolehhasilbahwaangketresponsiswamencapai 76 56% ataumemenuhikriteriabaiksehinggaprodukdinyatakanpraktisdansiapuntukdilakukanujicoba II padasubjek yang lebihbanyak. Berdasarkananalisiskepraktisanpadaujicoba II diperolehhasilbahwa (1) observasiaktivitas guru dalamketerlaksanaanpembelajaranmencapai83.88% ataumemenuhikriteriabaik (2) observasiaktivitassiswamencapai78.94%ataumemenuhikriteriabaik (3) angketrespon guru mencapai92.50%ataumemenuhikriteriasangatbaik dan (4) angketresponsiswamencapai 83.39% ataumemenuhikriteriabaik. Olehkarenaitu dapatdisimpulkanbahwaproduk yang dikembangkanmemenuhikriteriapraktis.Berdasarkananalisiskeefektifanproduk diperolehhasilbahwa (1) banyaknyasiswa yang mendapatnilai minimal 75 meningkatsebanyaktujuhanakpadatesakhirdan (2) keterpenuhanmasing-masingindikatormeningkatpadatesakhir. Olehkarenaitu dapatdisimpulkanbahwaproduk yang dikembangkanmemenuhikriteriaefektif.Jadidapat disimpulkanbahwaproduk yang dikembangkanmemenuhikriteria valid praktis danefektif. Produklayakdigunakansebagaialternatifperangkatpembelajaranmatematikapadamateripeluang. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110675

Actions (login required)

View Item View Item