Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan problem solving Polya yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP / Inayatul Fithriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan problem solving Polya yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP / Inayatul Fithriyah

Fithriyah, Inayatul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan problem solving Polya yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP / Inayatul Fithriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fithriyah Inayatul. 2016.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Problem Solving Polya yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP.Tesis Program StudiPendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr Cholis Sa dijah M.Pd M.A (II) Dr Sisworo M.Si Kata kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Solving Polya Kemampuan Berpikir Kritis. Salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan peneliti mendapatkan tidak sedikit guru yang menggunakan RPP berdasarkan hasil copy paste dari satu sekolah ke sekolah lain. Selain itu tidak sedikit pula guru yang menggunakan RPP tahun-tahun terdahulu untuk digunakan pada tahun pembelajaran yang berlangsung dengan mengganti tahun pembelajarannya saja bahkan beberapa guru tidak menggunakan pendekatan scientific. Selain itu peneliti mendapatkan bahwa LKS yang digunakan dalam proses pembelajaran berisi rangkuman materi sekilas soal-soal yang tidak konstekstual dan tidak open-ended serta latihan soal sekedar berbentuk soal sederhana.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat bercirikan Problem SolvingPolyauntuk siswa kelas VII SMP yang valid praktis dan efektif yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yakni (1) preliminary research (penelitianawal) dan (2) prototyping phase (tahappengembangan) dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Secara singkat pada preliminary research peneliti melakukan penelitian awal tentang fakta-fakta yang ada pada lapangan. Pada prototyping phase peneliti mulai mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yakni RPP LKS serta instrumen penelitian serta melakukan validasi terhadap perangkat yang telah dikembangkan. Pada tahap yang ketiga tahap penilaian peneliti melakukan uji kepraktisan dan keefektivan terhadap perangkat yang telah dikembangkan. Berdasarkan analisis skor rata-rata kevalidan RPP diperoleh sebesar 3 46 kevalidan LKS sebesar 3 55 kevalidan tes awal dan tes akhir sebesar 3 67 dan 3 49 dan kevalidan lembar observasi aktivitas siswa dan guru secara berturut-turut sebesar 3 58 dan 3 57.Dari segi kepraktisan produk diperoleh kepraktisan RPP sebesar 3 67 dan kepraktisan LKS sebesar 3 32 serta nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa dan guru setiap pertemuan di atas 3. Dari segi keefektifan produk pada tes awal hanya 1 siswa yang memiliki nilai di atas KKM tetapi pada tes akhir sebanyak 15 siswa memiliki nilai di atas KKM. Selain itu berdasarkan perbandingan ketercapaian indikator kemampuan berpikir kritis hasil tes awal dan tes akhir siswa selalu mengalami peningkatan secara berturut turut dari indikator pertama hingga indikator keenam sebesar 33% 40% 39% 38% 50% dan 62%.Berdasarkan analisis disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkanlayak digunakan untuk siswa jenjang SMP dalam pembelajaran materi segitiga dan segiempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110674

Actions (login required)

View Item View Item