Penalaran proposional dalam menyelesaikan masalah multiplikatif bagi siswa kelas VIII SMP / Uun Hariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran proposional dalam menyelesaikan masalah multiplikatif bagi siswa kelas VIII SMP / Uun Hariyanti

Hariyanti, Uun (2016) Penalaran proposional dalam menyelesaikan masalah multiplikatif bagi siswa kelas VIII SMP / Uun Hariyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariyanti Uun. 2016. Penalaran Proporsional dalam Menyelesaikan Masalah Multiplikatif bagi Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci penalaran penalaran proporsional multiplikatif. Penalaran proporsional merupakan penalaran yang penting dalam pembelajaran matematika karena dapat mempengaruhi kemampuan matematis siswa dalam belajar berbagai macam topik yang mengharuskan siswa untuk berpikir kuantitatif dan pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa kelas VIII SMPN 21 Malang dalam menyelesaikan masalah multiplikatif. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Peneliti merupakan instrumen kunci (researcher as key instrument). Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) hasil validasi (2) hasil tes siswa dalam mengerjakan tes masalah multiplikatif (3) hasil wawancara terhadap subjek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap yaitu mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara meningkatkan ketekunan triangulasi peer review dan external audit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) penalaran proporsional S1 dan S2 yang memiliki kemampuan matematis rendah berada pada tahap early attempts at quantifying (tahap 2) (b) penalaran proporsional S3 dan S4 yang memiliki kemampuan matematis sedang dapat dikategorikan dalam dua tahap penalaran proporsional yaitu tahap recognition of multiplicative relationships (tahap 3) dan tahap accommodating covariance and invariantce (tahap 4) dan (c) penalaran proporsional S5 dan S6 yang memiliki kemampuan matematis tinggi berada pada tahap accommodating covariance and invariantce (tahap 4). Pengelompokan tersebut didasarkan pada aktivitas penalaran proporsional yang ditunjukkan oleh siswa ketika menyelesaikan masalah multiplikatif. Teori yang digunakan untuk melihat tahap penalaran proporsional siswa adalah teori membangun penalaran proporsional oleh Baxter dan Junker yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) qualitative (2) early attempts at quantifying (3) recognition of multiplicative relationships (4) accommodating covariance and invariance dan (5) functional and scalar relationships.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110670

Actions (login required)

View Item View Item