Proses berpikir siswa SMP field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari teori pemrosesan informasi / Syifa'ul Amamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa SMP field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari teori pemrosesan informasi / Syifa'ul Amamah

Amamah, Syifa'ul (2016) Proses berpikir siswa SMP field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari teori pemrosesan informasi / Syifa'ul Amamah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amamah Syifa ul. 2016. Proses Berpikir Siswa SMP Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Ditinjau dari Teori Pemrosesan Informasi. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Sudirman M.Si. Kata kunci proses berpikir field independent dan field dependent teori pemrosesan informasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP field independent dan filed dependent dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari teori pemrosesan informasi. Materi matematika yang dipilih adalah segitiga trapesium dan belahketupat. Siswa diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut kemudian proses berpikirnya dideskripsikan berdasarkan komponen teori pemrosesan informasi yaitu komponen penyimpanan informasi dan komponen proses kognitif. Komponen penyimpanan informasi terdiri dari sensory register short term memory dan long term memory. Komponen proses kognitif terdiri dari attention perception retrieval rehearsal dan encoding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Malang. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII yang sebelumnya telah menempuh materi segiempat dan segitiga pada saat kelas VII. Pemilihan subjek penelitian dipilih menggunakan instrumen Group Embedded Figure Test (GEFT) dan berdasarkan masukan dari guru untuk mempertimbangkan kemampuan komunikasinya. Peneliti memberikan tes matematika yang dilakukan setelah memberikan tes GEFT untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa yang dipilih dua siswa field independent dan dua siswa field dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) informasi berupa soal yang diterima siswa field independent dan field dependent masuk ke sensory register melalui indera penglihatan dan pendengaran dan terjadi attention sehingga siswa dapat memilah informasi. Siswa menyelesaikan soal sehingga timbul perception kemudian merealisasikan perception dengan retrieval konsep yang dibutuhkan dari long term memory untuk menyelesaikan soal. Hasil retrieval diterapkan di short term memory. (2) terdapat perbedaan antara siswa field independent dan field dependent pada short term memory long term memory retrieval dan encoding. (3) siswa field independent mampu mengingat semua konsep yang dibutuhkan dan lebih mampu menyelesaikan masalah dari pada siswa field dependent dengan kata lain konsep yang dibutuhkan tesimpan dengan baik di memori siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110664

Actions (login required)

View Item View Item