Pramita, Mitra (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan pendekatan kontekstual pada kurikulum 2013 di kelas VII SMPN 13 Banjarmasin / Mitra Pramita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pramita Mitra. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Pendekatan Kontekstual pada Kurikulum 2013 di Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Dr. Hery Susanto M.Si Kata Kunci perangkat pembelajaran pendekan kontekstual kurikulum 2013 Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini karena adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Kesulitan yang mereka hadapi adalah kurangnya perangkat pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu penentu keberhasilan guru dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika bercirikan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri atas 3 fase yaitu (i) Penelitian Awal (Preliminary Research) (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase) dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Pada penelitian awal (preliminary research) kegiatan yang dilakukan yaitu mengkaji kondisi pebelajaran mengkaji silabus dan kurikulum mengamati dan menganalisis siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Fase pengembangan (prototyping phase) yaitu merancangLKS dan RPP beserta instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Fase penilaian (assessment phase) yaitu kevalidan suatu produk dinilai oleh para ahli dan praktisi minimal berada dalam katagori valid kepraktisan dinilai dari aktivitas guru minimal aktif dan keterlaksanaan LKS minimal baik selanjutnya keefektifan dinilai dari ketuntasan siswa secara klasikal minimal 80% dengan nilai minimal 72 aktivitas siswa minimal aktif dan respon siswa positif.Kegiatan analisis data digunakan untuk menilai apakah perangkat yang dikembangkan tersebut telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Hasil validasi perangkat yang dilakukan oleh tiga validator menunjukkan rata-rata nilai untuk RPPsebesar 3 40 LKS sebesar 3 36 lembar penilaian aktivitas guru dan siswa masing- masing sebesar 3 47 dan 3 57 lembar keterlaksanaan LKS sebesar 3 42 lembar Tes Penguasaan Hasil Belajar (TPHB) sebesar 3 41 serta angket respon siswa sebesar 3 45. Hasil observasi keterlaksanaan LKS menunjukkan kriteria baik dan hasil observasi aktivitas guru yang menunjukkan kriteria aktif. Ini berarti bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil nilai TPHB siswa menunjukkan bahwa 86 67% siswa tuntas hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan kriteria aktif dan hasil respon siswa menunjukkan kriteria positif. Ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria efektif. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran bercirikan pendekatan kontekstual ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi guru pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP karena telah memenuhi tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110661 |
Actions (login required)
View Item |