Ardina, Fimmatur Rizka (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa / Fimmatur Rizka Ardina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardina FimmaturRizka. 2016. PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikadengan Model 5E untukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisTulisSiswa. Tesis. Program StudiPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (2) Prof. Dr. CholisSa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci pengembanganperangkatpembelajaranmatematika model 5E kemampuankomunikasimatematistulis Kemampuankomunikasimatematisdalampembelajaransangatpentinguntukdiperhatikan. Denganadanyakomunikasimatematistulisdapatmembawasiswapadapemahaman yang mendalamtentangmatematika. Namunfaktanyakemampuaninikurangdiperhatikan. Kemampuankomunikasimatematistulis yang dimaksudkandalampenelitianiniterdiridariempatindikatoryaitu1) Siswamenuliskan ide matematismenggunakanbahasamatematisdenganjelassehinggadapatdipahami orang lain 2) siswadapatmenuliskanalasanatasjawaban yang diberikan3) Siswamemahamipemikiran orang lain dengandapatmengemukakankembali ide orang lain dalambentuktertulisdengankalimatnyasendiri 4) Siswamenuliskantanggapan (kritikdan saran)terhadap ide orang lain.Hasilobservasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Malang dan SMP Al-Fattahiyahdiketahuibahwakemampuankomunikasiutamanyakemampuankomunikasimatematistulistergolongrendah. Model pembelajaran yang digunakanmenjadisalahsatupenyebabkurangaktifnyasiswadalamberkomunikasi di dalamkelas. RPP dan LKS yang digunakanjugaseadanya. Pejabaranlangkah-langkahpembelajaranpada RPP tidakdiuraikansecara detail. Perangkatpembelajaranmatematikadengan model 5E untukmeningkatkankemampuankomunikasimatematistulissiswaadalahperangkatpembelajaranberupa LKS dan RPP yang didalamnyamemuattahapan/ fasedalam model 5E yaituengage explore explain elaboratedanevaluate.Tujuanpengembanganyang dilakukanadalahmendeskripsikandanmenghasilkanperangkatpembelajaranmatematikadengan model 5E untukmeningkatkankemampuankomunikasimatematistulissiswapadapokokbahasan SPLDV yang valid praktisdanefektif. Model pengembanganmengacupada model pengembanganPlomp (2010). Dalampenelitianini dilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidan ujikepraktisandanujikeefektifan. Ujikevalidandilakukanolehtiga orang validatoryang terdiridaridua orang dosenmatematikadansatuorang praktisi. Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada57 orang siswakelasVIII dariduasekolahberbedasebagaisubjekujicobayang diamatiolehsatu orang praktisidandua orang observer. Perangkatpembelajaranmeliputi RPP dan LKS dikatakan valid apabilaberdasarkanhasilvalidasitelahmengukurapa yang ingindiukuryaituperangkatpembelajarandengan model 5E untukmeningkatkankemampuankomunikasimatematistulistelahdisusunsesuaidengantahapanpada model 5E dansesuaidenganindikatorkemampuankomunikasimatematistulis. Skor minimal yang harusdiperolehdalamvalidasiuntukmemperolehkriteria layak adalah 3dariskormaksimal 4.Berdasarkanhasilujicoba perangkatpembelajaran yang dikembangkandapatdijaminmempunyaivaliditasisikonstruksi (berkaitandengan lima tahapanpada 5E yaituengage explore explain elaboratedanevaluate) sertalayakuntukdigunakansebagaialternatifdalammeningkatkankemampuankomunikasimatematistulissiswapadapokokbahasan SPLDV. Perangkatpembelajarandalampenelitianinipraktisjikatelahberhasilditerapkandenganmudahdigunakandalampembelajaran. Aspekkepraktisanakandinilaidarilembarkepraktisandanlembarobservasiaktivitas guru padapembelajaran. Berdasarkanhasilujicoba perangkatpembelajaran yang dikembangkanberupa RPP dengan model 5E dapatditerapkandengansangatbaikoleh guru danperangkatpembelajaranberupa LKS dengan model 5E dapatmemudahkansiswauntukmenyampaikanataumenanggapi ide dalam proses pembelajaran di dalamkelas.Selainitusiswajugamemberikanresponpositifterhadapadanya LKS dengan model 5E yang diberikankarenaterdapatbeberapatahapan model 5E yang harusdilaluisiswadalammenyelesaikansemuapermasalahanatausoalpada LKS. Perangkatpembelajarandikatakanefektifjikatelahbenar-benarmenggunakanperangkattersebutdalampembelajaransehinggamampumencapaitujuan yang diharapkan. Keefektifanperangkatpembelajaraniniakandiukurdaripersentaseaktivitassiswadanlembartessiswa. Berdasarkan data hasilujicobalembarobservasiaktivitassiswa yang dibuatyaitudengankegiatanpadasetiaptahapan 5E memperolehkriteriasangatbaik. Sedangkanuntukkemampuankomunikasimatematistulissiswatelahdiadakanujicobadanpenilaian yang mengacupadaempatindikatorkemampuankomunikasimatematistulissecaraumumtelahmengalamipeningkatandanmemenuhikriteriabaik. Hal iniberartiperangkatpembelajarandengan model 5E yang dikembangkantelahdigunakandengansangatbaikdalam proses pembelajaransehinggatujuanpengembanganperangkatpembelajaranmatematikauntukmeningkatkankemampuankomunikasimatematistulissiswadapattercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110658 |
Actions (login required)
View Item |