Pembelajaran problem posing setting kooperatif STAD untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukadana pada materi segitiga dan segi empat / Asmidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran problem posing setting kooperatif STAD untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukadana pada materi segitiga dan segi empat / Asmidi

Asmidi (2016) Pembelajaran problem posing setting kooperatif STAD untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukadana pada materi segitiga dan segi empat / Asmidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmidi 2016. Pembelajaran Problem Posing Setting Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sukadana Pada Materi Segitiga Dan Segi Empat. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. (2) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D Kata Kunci Problem Posing Kooperatif STAD Berpikir Kreatif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran problem posing setting kooperatif STAD yang dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukadana pada materi segitiga dan segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari 1) hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung 2) tes hasil belajar 3) hasil wawancara 4) catatan lapangan 5) rekaman video. Langkah-langkah pembelajaran problem posing setting kooperatif STAD pada materi segitiga dan segi empat yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 1) menyampaikan informasi terkait tujuan pembelajaran memberikan apersepsi menyampaikan materi pelajaran dan memberikan contoh pengajuan masalah 2) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar yang sifatnya heterogen berdasarkan kemampuan dan jenis kelamin yang beranggotakan 4 sampai 5 orang 3) mengajukan masalah dengan membuat soal berdasarkan informasi secara berkelompok 4) bertukar dengan kelompok lain 5) mengevaluasi dengan memberikan kuis yang dikerjakan siswa secara individu 6) memberikan penghargaan berdasarkan kemajuan skor kelompok. Dari penelitian ini diperoleh skor keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 95 26 berada pada kategori sangat baik dan skor aktivitas guru sebesar 98 82 berada pada kategori sangat baik . Skor berpikir kreatif siswa pada siklus I sebesar 52 berada pada kategori cukup baik . Skor keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 98 berada pada kategori sangat baik dan skor aktivitas guru sebesar 100 berada pada kategori sangat baik . Skor berpikir kreatif siswa pada siklus II sebesar 61 berada pada kategori baik . Saran yang dapat disampaikan agar pembelajaran problem posing setting kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa antara lain 1) Menyajikan informasi yang menarik agar siswa termotivasi dan tertantang untuk mengajukan masalah dan menyelesaikannya. 2) Siswa dilibatkan secara langsung dalam memberikan cara mengajukan masalah dan menyelesaikannya. 3) Memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan agar pada tahap pengajuan masalah dan menyelesaikan masalah dapat berjalan dengan lebih baik. 4) Siswa yang kemampunya tinggi diberi kesempatan untuk membantu siswa yang kemampuannya rendah. 5) Alokasi waktu pada tahapan pembelajaran diatur secara cermat agar pembelajaran berjalan secara efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110654

Actions (login required)

View Item View Item