Hermianty, Nur Aini Indah (2016) Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi persamaan dan fungsi kuadrat untuk kelas X SMK / Nur Aini Indah Hermianty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hermianty NurAini Indah 2015.Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa BercirikanPenemuanTerbimbingBerbantuanGeoGebraPadaMateriPersamaandanFungsiKuadratuntukKelas X SMK. Tesis. Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M. Sc (2) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa PersamaandanFungsiKuadrat PenemuanTerbimbing GeoGebra Model Pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Berdasarkan hasil wawancara dengan teman sejawat diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan mempelajari materi PersamaandanFungsiKuadrat. Kesulitan ini disebabkan olehsiswacenderungmenghafalkanrumusuntukmenemukanakar-akarpersamaankuadrat. Selanjutnya LembarKegiatanSiswa (LKS) yang digunakan siswa hanyaberisiuraianmateri contohdanlatihansoaldankurangmengajaksiswamenemukankonsep. Bentuk seperti ini belumdapatmembantu siswa mengkontruksipengetahuanmerekasendiri. Salah satu model pembelajaran yang memberikankesempatansiswauntukmengambilbagiansecaraaktifdalampembelajaranyaitupembelajaranpenemuanterbimbing.BerdasarkanpenelitianPujiono (2010) Djunaidi(2012) danZaini (2010) pembelajaranpenemuanterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadanmemperolehresponpositifdarisiswa. Dalampenyampaianmateripersamaandanfungsikuadrat GeoGebradapatdigunakankarenadapatmenyajikangrafikfungsikuadrat yang dinamis.Sehinggadapatmembantusiswamenemukansendirikarakteristikgrafikfungsikuadrat.Berdasarkanuraian di atas maka LKS yang dikembangkanuntukmateripersamaandanfungsikuadratbercirikanpenemuanterbimbingdanberbantuanGeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS untuk pembelajaran PersamaandanFungsiKuadrat kelas X SMKbercirikanpenemuanterbimbingberbantuanGeoGebra yang valid praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) merujuk model pengembangan 4D. Model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan tes. Hasil penelitian ini berupa LKS untuk pembelajaran PersamaandanFungsiKuadrat kelas X SMKbercirikanpenemuanterbimbingberbantuanGeoGebra yang valid praktis dan efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian ahli LKS memiliki skor rata-rata validitas isi dan validitas kostruk 3 21 sehinggamemenuhikriteria valid. Hasil pengamatan keterlaksanaan LKS dan aktivitas siswamemperolehskor rata-rata 3 13 sehingga memenuhi kategori aktif. Hasil ujicoba lapangan menunjukkan bahwa 22 dari 26 siswa atau 80% siswa memperoleh nilai tuntaspadatespenguasaanbahan ajar.Sedangkanhasilanalisisangketresponsiswamemperolehskor rata-rata kelas 2 55sehinggamemenuhikriteriaresponkelaspositif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110652 |
Actions (login required)
View Item |