Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas XI SMAN 8 Malang pada materi parabola / Iqbal Qalbimina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas XI SMAN 8 Malang pada materi parabola / Iqbal Qalbimina

Qalbimina, Iqbal (2016) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas XI SMAN 8 Malang pada materi parabola / Iqbal Qalbimina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qalbimina Iqbal. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang pada Materi Parabola. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Kata kunci pendekatan saintifik komunikasi matematis parabola. Kemampuan komunikasi matematis perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk mengomunikasikan gagasan matematika dengan jelas dan efektif. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika dan pemberian soal pendahuluan kepada siswa kelas XI MIA-4 SMAN 8 Malang terkait materi prasyarat diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru kurang memperhatikan kemampuan komunikasi siswa baik secara lisan maupun tertulis. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Malang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA-4 sebanyak 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas XI SMAN 8 Malang pada materi parabola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan komunikasi matematis pada materi parabola terdiri dari lima langkah pembelajaran yaitu (1) Mengamati guru meminta siswa mengamati gambar grafik atau tabel berkaitan dengan irisan kerucut parabola sifat parabola persamaan parabola dan latus rectum (2) Menanya guru meminta siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan dan memuat kata kunci yang telah ditentukan pada LKS. Setelah itu berdiskusi dengan siswa untuk merumuskan pertanyaan yang akan dijawab dalam pembelajaran (3) Mengumpulkan informasi guru meminta siswa mengerjakan tugas yang diberikan pada LKS atau membaca buku yang relevan sebagai bahan untuk menjawab rumusan pertanyaan (4) Mengasosiasi guru meminta siswa menyajikan informasi yang diperoleh dalam bentuk tabel yang telah disediakan pada LKS menemukan hubungan yang terbentuk dan menuliskan kesimpulan terkait dengan rumusan pertanyaan dan (5) Mengomunikasikan guru meminta siswa menyiapkan bahan presentasi mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan menuliskan pertanyaan yang muncul pada saat presentasi serta menuliskan jawaban berdasarkan hasil diskusi kelas. Langkah yang dominan untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa adalah mengumpulkan informasi. Peningkatan komunikasi matematis siswa ditunjukkan dengan (1) hasil observasi komunikasi matematis siswa pada siklus I berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 2 60 sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3 00 dan (2) persentase siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 2 67 pada tes tulis siklus II adalah 78 79%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110651

Actions (login required)

View Item View Item